Perhatikan! Berikut 3 Hal yang Membuat Puasa Jadi Sia-sia

- 20 April 2021, 16:01 WIB
Ilustrasi agar puasa tidak menjadi sia-sia.
Ilustrasi agar puasa tidak menjadi sia-sia. /pixabay.com/nastya_gepp

BERITA DIY - Berpuasa saat bulan suci ramadhan tidak sekedar menahan lapar dan minum saja, namun juga menahan hawa nafsu dan hal-hal lain yang dapat menggugurkan pahala puasa

Umat Muslim di bulan suci Ramadhan berlomba-lomba mendapatkan pahala. Tapi ada banyak orang yang hanya mendapat lapar dan haus, namun tidak mendapatkan pahala berpuasa.

Dalam sebuah hadits Rasulullah SAW  bersabda, “Betapa banyak orang yang berpuasa namun dia tidak mendapatkan apa-apa dari puasanya kecuali rasa lapar dan dahaga.” (HR. Thabrani).

Baca Juga: Bansos PKH Tahap II Cair Lagi ke 9 Juta Penerima, Cek Namamu di Link Ini: Ada Bantuan hingga Rp3 Juta

Baca Juga: Makam Roy Jadi Saksi Pertemuan Segitiga antara Michelle, Angga, dan Sanusi? Bocoran Ikatan Cinta Malam Ini

Oleh karenanya dilansir dari PMJNews, jaga 3 hal ini agar puasa tidak menjadi sia-sia :

1. Menjaga lisan

Selain menjaga perut dan kemaluan, seorang yang berpuasa wajib menjaga lisan dari perkataan dusta (bohong), ghibah (menggunjing), namimah (mengadu domba), dan sumpah palsu (hifdzul lisan).

Semua ini harus benar-benar terjaga agar pahala puasa kita tidak terhapus karena lisan. Karena lisan sangatlah tajam dan berbahaya apabila tidak dikendalikan dengan pikiran dan keimanan. Bagaikan bilah pisau yang siap merugikan pengucapnya. Karena Puasa adalah pendidikan bagi seorang Muslim agar menjadi manusia positif, baik pikiran, perkataan serta perbuatan.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x