Waspada Siklon Tropis Surigae Meningkat dalam 24 Jam! BNPB Minta 9 Provinsi Ini Siaga Hadapi Dampaknya

- 17 April 2021, 11:10 WIB
Citra satelit Himawari terkait adanya Siklon Tropis Surigae (lingkaran merah) di wilayah perairan Samudera Pasifik utara Papua Barat pada Jumat (16/4).
Citra satelit Himawari terkait adanya Siklon Tropis Surigae (lingkaran merah) di wilayah perairan Samudera Pasifik utara Papua Barat pada Jumat (16/4). /

BERITA DIY - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta sembilan provinsi di Indonesia bersiaga mengantisipasi dampak Siklon Tropis Surigae.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati, mengungkapkan Siklon Tropis Surigae yang saat ini sedang terjadi di perairan Samudera Pasifik sebelah utara Papua Barat diperkirakan mengalami kenaikan intensitas dalam 24 jam ke depan.

Berdasarkan analisa Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Siklon Tropis Surigae terus bergerak mengarah ke barat laut dan cenderung bergerak menjauhi wilayah Indonesia.

Baca Juga: Dampak Siklon Tropis SEROJA Terhadap Cuaca Indonesia, BMKG: Potensi Hujan Sedang Hingga Sangat Lebat

Namun, Raditya menegaskan, siklon tersebut tetap memberikan dampak tidak langsung bagi sejumlah provinsi di Tanah Air.

Menurut prediksi BMKG hingga Sabtu (17/4) pukul 19.00 WIB, posisi siklon tropis tersebut masih akan berada di perairan Samudera Pasifik dan diperkirakan bergerak menuju sebelah utara Maluku Utara, atau pada 11.7 LU dan 129.7 BT, atau sekitar 1.040 kilometer sebelah utara timur laut Tahuna.

"Adapun siklon tropis ini diperkirakan akan bergerak dengan kecepatan 10 knot atau 19 km/jam dengan kekuatan 95 knots atau 185 km/jam dengan tekanan 935 hPa," kata Raditya dalam siaran persnya, Sabtu (17/4/2021).

Baca Juga: Presiden Jokowi Berikan Jaket Miliknya Kepada Warga Korban Bencana di Lembata, NTT

Ia mengatakan siklon ini dapat memicu hujan lebat disertai kilat/petir serta angin kencang di sembilan wilayah.

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x