Siapa Sheikh Mohamed bin Zayed yang Namanya Menjadi Nama Pengganti Tol Jakarta Cikampek?

- 12 April 2021, 16:24 WIB
Presiden RI Joko Widodo bersama Putra Mahkota Abu Dhabi dan Wakil Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata Uni Emirat Arab (UEA) Paduka Yang Mulia Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan.
Presiden RI Joko Widodo bersama Putra Mahkota Abu Dhabi dan Wakil Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata Uni Emirat Arab (UEA) Paduka Yang Mulia Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan. /Dok. Kemlu.go.id

BERITA DIY - Resmi ganti nama, Tol Jakarta - Cikampek (Japek) II jadi bahan perbincangan. Hal ini lantaran pergantian nama yang sebelumnya Tol Layang Japek menjadi Jalan Layang Mohamed bin Zayed (MBZ).

Dengan begitu MBZ resmi menjadi pengganti nama Japek dan hal ini telah tertuang dalam Surat Izin Menteri PUPR Nomor BM.07.02-Mn/635, tertanggal 8 April 2021.

Perubahan nama inipun akhirnya memicu timbulnya pertanyaan akan siapa sosok dibalik nama MBZ.

Baca Juga: Bansos Sembako Rp 200 Ribu Gagal Cair? Simak Cara Lapor Di Sini

Sheikh MBZ memiliki nama lengkap  Mohammed bin Zayed bin Sultan Al Nahyan. Beliau merupakan pangeran atau putra mahkota Abu Dhabi dan deputi komandan tertinggi Pasukan Angkatan Darat Uni Emirat Arab (UEA).

MBZ adalah putra ketiga dari Zayed bin Sultan Al Nahyan, Presiden Uni Emirat Arab pertama dan penguasa Abu Dhabi, dari istri ketiganya, Sheikha Fatima bint Mubarak Al Ketbi.

Tidak hanya itu, Sheikh Mohammed bin Zayed memang dikenal memiliki kedekatan dengan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi).

Baca Juga: Jam Tayang Ikatan Cinta Belum Ada Perubahan di Bulan Puasa, Fans Mengaku Kecewa

Perannya untuk Indonesia

MBZ memiliki kekuasaan di dalam pemerintahan UEA yang mana membuatnya leluasa untuk memutuskan bermacam kebijakan, salah satunya kerja sama ekonomi dengan berbagai negara termasuk Indonesia.

Halaman:

Editor: Adestu Arianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x