Bansos Tunai Rp 300 Ribu Cair Lagi, Siapkan 3 Berkas Ini dan Cek Online BST di link dtks.kemensos.go.id

- 11 April 2021, 08:09 WIB
Petugas PT Pos Indonesia menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) kepada warga RW 05 di kawasan Kelurahan Kenari, Senen, Jakarta, Rabu (6/1/2021). Pemerintah mulai menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) tahun 2021 untuk empat bulan kedepan senilai Rp300 ribu per Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang diberikan secara langsung kepada warga melalui petugas PT Pos Indonesia dan bank-bank milik negara. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/rwa.
Petugas PT Pos Indonesia menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) kepada warga RW 05 di kawasan Kelurahan Kenari, Senen, Jakarta, Rabu (6/1/2021). Pemerintah mulai menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) tahun 2021 untuk empat bulan kedepan senilai Rp300 ribu per Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang diberikan secara langsung kepada warga melalui petugas PT Pos Indonesia dan bank-bank milik negara. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/rwa. /Aprillio Akbar/ANTARA FOTO

BERITA DIY Simak cara dapat bansos BST Rp 300 ribu dan syarat daftar agar namanya terdaftar di link dtks.kemensos.go.id. Cek penerima bantuan ini cukup menggunakan NIK KTP atau KIS.

Jika nama salah satu anggota keluarga terdaftar di link DTKS tersebut, maka wajib menyiapkan sejumlah berkas untuk mencairkan bantuan ini di Kantor Pos.

Bantuan sosial tunai (BST) Rp 300 ribu ini terakhir cair pada bulan April 2021 ini. Sebanyak 10 juta keluarga dapat bantuan ini dengan total anggaran yang sudah disiapkan mencapai Rp12 triliun.

Baca Juga: Liga Spanyol: Real Madrid Menangi El Clasico 2-1, Naik ke Puncak dan Usir Barcelona

Baca Juga: Menang Tipis 1-0 Atas Barito Putera, Persija Jakarta Lolos ke Semifinal Piala Menpora

Sayangnya, bantuan ini hanya cair hingga bulan ini karena Kementerian Sosial (Kemensos) tak lagi memperpanjang bantuan ini hingga akhir tahun.

"Enggak ada anggarannya untuk itu," kata Risma setelah menghadiri puncak HUT ke-19 Taruna Siaga Bencana (Tagana) di Pangandaran, Jawa Barat dikutip Berita DIY dari Antara.

Lebih lanjut, alasan Kemensos tidak memperpanjang BST Rp300 ribu ialah karena kondisi ekonomi Indonesia saat ini sudah berjalan ke arah mikro sehingga masyarakat diharapkan untuk memulai aktivitas ekonominya kembali.

Sebagai gantinya, masih ada bansos-bansos lain yang cair hingga Desember 2021 seperti program sembako atau BPNT dan Bansos PKH.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x