Bayar Tol Sudah Bisa Tanpa Setop, Berikut Faktanya

- 24 Maret 2021, 11:37 WIB
Pintu tol Jasa Marga, saat ini PT Jasa Marga sedang ujicoba stiker pintar RFID.
Pintu tol Jasa Marga, saat ini PT Jasa Marga sedang ujicoba stiker pintar RFID. /Dok. Jasa Marga

BERITA DIY – PT. Jasamarga Tollroad Operator selaku anak perusahaan Jasa Marga telah melakukan uji coba sistem bayar tol tanpa setop, tanpa sentuh dan bahkan tanpa membuka kaca mobil. Sitem yang digunakan adalah sistem Flo atau Let It Flo.

Sistem FLO atau Let it Flo merupakan sistem pembayara tol bersifat prabayar berbasis aplikasi smartphone dan stiker dengan teknologi Radio Frequency Identification (RFID) serta menggunakan source of fund berbasis voucher elektronik (VE).

Dengan menggunakan sistem ini, pengguna jalan tol cukup mengatur kecepatan secukupnya atau yang ditetapkan saat memasuki gerbang tol otomatis (GTO) dan bisa langsung melanjutkan perjalanan.

Baca Juga: Syarat dan Cara Daftar SPAN PTKIN bagi Siswa di siswa.span-ptkin.ac.id

Cara menggunakannya dapat dikatakan mudah, pengguna jalan tol hanya perlu mengunduh aplikasi Flo di Google Play atau AppStore dan memiliki stiker RFID dan ditempel di bagian depan mobil.

Stiker RFID perlu disinkronkan dengan aplikasi FLO dengan melakukan registrasi pada aplikasi tersebut. Selanjutnya pengguna harus melakukan top up saldo Flo melalui ATM bank, e-banking dna mitra yang ditunjuk.

Sistem bayar tol tanpa setop ini dilakukan untuk mengurangi kontak langsung di Gardu Tol saat menempelkan kartu pada mesin (tapping), sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19.

Selain itu, pengembangan sistem ini juga dilakukan untuk meningkatkan layanan transaksi sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Baca Juga: SPAN PTKIN Siap Dibuka 1 April Mendatang, Simak Syarat dan Jadwalnya di Sini

Halaman:

Editor: Adestu Arianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x