Mengapa Muslim Diperintahkan Berpuasa? Berikut 8 Manfaat Berpuasa Menurut Sains bagi Kesehatan

- 15 Maret 2021, 11:02 WIB
Mengapa Muslim Diperintahkan Berpuasa? Berikut 8 Manfaat Berpuasa Menurut Sains.
Mengapa Muslim Diperintahkan Berpuasa? Berikut 8 Manfaat Berpuasa Menurut Sains. /PEXELS/bongkarn

BERITA DIY - Terlepas popularitasnya di bidang kesehatan baru terjadi beberapa tahun ini, puasa adalah praktik yang sudah ada sejak berabad-abad lalu dan memainkan peran sentral dalam banyak budaya dan agama, termasuk agama Islam yang memerintahkan puasa selama satu bulan punah pada bulan Ramadhan menurut kalender Hijriah.

Meskipun ada banyak cara berpuasa yang dilakukan orang-orang dari berbagai latar belakang budaya dan agama, secara umum, sebagian besar puasa dilakukan selama 24–72 jam.

Puasa telah terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan, mulai dari penurunan berat badan hingga fungsi otak yang lebih baik.

Baca Juga: Kumpulan Doa Untuk Orang Tua Lengkap Arab, Latin, dan Artinya

Berikut 8 manfaat puasa bagi kesehatan yang didukung oleh sains.

1. Meningkatkan Kontrol Gula Darah dengan Mengurangi Resistensi Insulin

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa puasa dapat meningkatkan kontrol gula darah, yang sangat berguna bagi mereka yang berisiko diabetes.

Faktanya, 1 dari 10 orang dengan diabetes tipe 2 menunjukkan bahwa puasa intermiten (berjeda atau tidak dilakukan secara terus menerus) dalam jangka pendek secara signifikan menurunkan kadar gula darah.

Sementara itu, ulasan lain menemukan bahwa puasa intermiten dan puasa alternatif sama efektifnya dengan membatasi asupan kalori dalam mengurangi resistensi insulin.

Halaman:

Editor: Adestu Arianto

Sumber: Healthline


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x