Doa-doa Katolik: Doa sebelum Ibadat

- 14 Maret 2021, 11:32 WIB
Doa-doa Katolik: Doa sebelum Ibadat.
Doa-doa Katolik: Doa sebelum Ibadat. /Pixabay/ Nickelbabe

BERITA DIY - Beribadah merupakan kebutuhan setiap umat beragama, tak terkecuali umat Katolik. Bahkan, dalam beribadah sendiri ada aturan-aturan yang harus diikuti oleh setiap individu agar mendapatkan berkat dari Tuhan.

Salah satu aturan yang harus diikuti itu ialah mengucapkan doa sebelum ibadat. Ucapan doa sebelum ibadat ini merupakan sebagai ungkapan rasa syukur karena Tuhan telah memberikan kesehatan dan kesejahteraan pada hari ini sehingga kita bisa memenuhi undangan Tuhan untuk beribadah kepda-Nya.

Tak hanya sebagai ungkapan rasa syukur, doa sebelum ibadat ini juga sebagai rasa rendah hati untuk meminta ampunan atas dosa-dosa yang telah diperbuat.

Dengan kata lain, doa sebelum ibadat ini memiliki fungsi salah satunya untuk men'suci'kan diri sebelum jiwa kita terkonekasi kepada Tuhan.

Baca Juga: Doa-doa Katolik: Doa untuk Pacar yang Sedang Jauh

Baca Juga: Doa-Doa Katolik: Doa Malam untuk Orang Dewasa dan Anak-Anak

Berikut ini contoh doa sebelum ibadat yang bisa diucapkan tatkala hendak beribadah.

"Allah, Bapa kami, kami bersyukur kepada-Mu karena Engkau mengundang kami ikut serta dalam ibadat ini. Dengan rendah hati kami datang, membawa serta pujian, syukur, sukaduka, dan segala kekurangan serta dosa-dosa kami. Kami meluhurkan nama-Mu, karena lewat ibadat ini kami boleh mengenang peristiwa keselamatan dalam sengsara, wafat, dan kebangkitan Yesus.

Kami mohon penerangan Roh Kudus-Mu agar segala perhatian, perasaan, dan akal budi kami senantiasa terarah kepada-Mu.

Halaman:

Editor: Adestu Arianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x