Apa Itu Insecure? Berikut Pengertian dan cara Mengatasinya agar Lebih Percaya Diri

- 10 Maret 2021, 12:53 WIB
Ilustrasi orang yang merasa Insecure
Ilustrasi orang yang merasa Insecure /pixabay.com/ryanmcguire

BERITA DIY – Merasa kurang percaya diri, cemas atau takut secara tiba-tiba adalah perasaan yang lumrah. Perasaan ini bisa terjadi pada setiap orang.

Seseorang yang tiba-tiba mengalami rasa cemas, takut, nervous atau tidak percaya diri sering disebut dengan Insecure. Rasa Insecure memang bisa menghampiri siapa saja bahkan orang yang sebelumnya sangat percaya diri.

Dibawah ini BERITA DIY merangkum penyebab dan cara mengatasi Insecure dari berbagai sumber.

Baca Juga: Vaksinasi Covid-19 Lansia di Kota Yogyakarta Dipusatkan di 10 RS dan Dua RSKIA, Begini Cara Daftarnya

Penyebab Insecure

Penyebab insecure pada setiap orang bisa berbeda-beda. Perasaan insecure bisa muncul diakibatkan oleh beberapa faktor dan kondisi yang berbeda pada setiap orang.

Insecure karena terlalu perfeksionis

Perfeksionis adalah sifat dimana setiap orang ingin merasa sempurna dalam segala hal. Bahkan orang yang perfeksionis akan memeriksa detail sekecil apapun agar terlihat sempurna. Sebenarnya sifat ini baik, namun bisa menimbulkan rasa insecure. Terlebih jika hal yang direncanakan tidak berjalan sesuai ekspektasi.

Jika apa yang dikerjakan tidak sempurna, perfeksionis akan mulai menyalahkan keadaan dan dirinya sendiri. Hal ini bisa memicu timbulnya rasa Insecure. Jika dibiarkan dalam jangka waktu lama hal ini bisa menyebabkan depresi.

Halaman:

Editor: Adestu Arianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x