5 Tips Sukses Hadapi Psikotes agar Diterima Kerja dan Dapat Beasiswa

- 23 November 2020, 13:00 WIB
Ilustrasi Psikotes.
Ilustrasi Psikotes. /PIXABAY/Mohammed Hasan

BERITA DIY-Mengerjakan tes psikotes merupakan tahapan yang harus dilalui para pelamar kerja. Ada banyak tahapan yang harus dilalui dan dipahami sebelum mengerjakan tes psikotes. Maka dari itu, para pelamar kerja perlu tips khusus agar sukses menghadapi psikotes.

Tes psikotes dikenal dengan tes yang cukup melelahkan jiwa dan fisik para pelamar kerja. Tak sedikit pula pelamar kerja yang tidak lolos tes psikotes, sehingga tidak dapat melanjutkan ke tahapan selanjutnya.

Baca Juga: Sinopsis Samudra Cinta di SCTV Hari Ini 23 November 2020: Rencana Licik Vina untuk Aril dan Intan

Jika tidak hati-hati, ada banyak jebakan yang terdapat dalam tes psikotes. Tes psikotes tidak menjunjukkan mana yang benar dan mana yang salah, namun hasil dari tes ini akan menunjukkan apa dan bagaimana para pelamar kerja tersebut sesungguhnya. Apakah ia adalah orang yang mampu berinteraksi dengan banyak orang, atau ia adalah orang yang hanya dapat bekerja secara individu.

Beberapa penilaian karakter dan sifat para pelamar kerja yang lain juga akan dinilai pada beberapa tes psikotes yang telah disiapkan oleh perusahaan. Untuk itu, para pelamar kerja harus menjawab deretan soal psikotes tersebut dengan sangat jujur dan hati-hati.

Baca Juga: Lakukan Tips Berikut Agar Tidur Nyenyak dan Berkualitas

Berikut beberapa tips agar sukses menghadapi psikotes untuk para pelamar kerja:

  1. Perbanyak latihan mengerjakan soal psikotes

Hal ini jelas harus dilakukan, mengingat psikotes memiliki banyak sekali model soal dan masing-masing memiliki cara pemecahan masalahnya tersendiri.

Memperbanyak latihan mengerjakan soal akan membantu para pelamar kerja mengetahui konsep pengerjaannya, dan dapat mengerjakan soal psikotes dengan lebih cepat.

  1. Berlatih fokus dengan berlatih kecepatan dan konsentrasi

Model soal psikotes memang bisa dibilang mudah, namun jika tidak fokus, maka akan memecah konsentrasi.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x