Apa Itu ASI Bubuk yang Viral TikTok Dipopulerkan Influencer Natasha Surya, Apa Saja Kontroversinya?

- 10 Mei 2024, 16:43 WIB
Ilustrasi. Penjelasan apa itu ASI bubuk yang viral TikTok dipopulerkan influencer Natasha Surya, dan apa saja kontroversinya termasuk kata IDAI.
Ilustrasi. Penjelasan apa itu ASI bubuk yang viral TikTok dipopulerkan influencer Natasha Surya, dan apa saja kontroversinya termasuk kata IDAI. /PEXELS/Towfiqu barbhuiya

BERITA DIY - Penjelasan apa itu ASI bubuk yang viral TikTok dipopulerkan influencer Natasha Surya, dan apa saja kontroversinya.

Sebuah fenomena baru dalam dunia perawatan bayi telah mencuri perhatian masyarakat, yaitu transformasi Air Susu Ibu (ASI) menjadi bentuk bubuk.

Fenomena ASI bubuk menjadi populer berkat seorang influencer Natasha Surya di akun TikTok @natasha.surya, yang membagikan pengalaman uniknya dalam mengubah ASI menjadi bubuk melalui platform TikTok.

ASI bubuk: Definisi dan proses pembuatannya

ASI bubuk merupakan produk dari proses pengubahan ASI. Natasha Surya, influencer yang mempopulerkan tren ini, menjelaskan bahwa dia tidak melakukan proses pengubahan ASI menjadi bubuk secara mandiri, melainkan melibatkan sebuah perusahaan yang spesialis dalam hal tersebut.

Baca Juga: Berapa Lama ASI Bertahan di Dalam Dot Pada Suhu Ruang? Ini Penjelasan dan Cara Menyimpan ASI

Proses pembuatan ASI bubuk dimulai dengan pengiriman ASI dalam keadaan beku ke perusahaan tersebut menggunakan kotak pendingin. Setelah satu hingga dua minggu, ASI tersebut dikembalikan ke rumah Natasha dalam bentuk bubuk.

Kontroversi mengenai ASI bubuk

Meskipun fenomena ini cukup menarik, namun juga menimbulkan kontroversi. Ketua Satgas ASI Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), DR Dr Naomi Esthernita Fauzia Dewanto, Sp.A (K), mengingatkan bahwa dampak pada komponen ASI belum diketahui dengan pasti.

Proses pembuatan cairan ASI menjadi serbuk atau bubuk dinyatakan dapat mempertahankan struktur molekul susu, namun mengingat penggunaan suhu tinggi saat proses pengeringan untuk menghilangkan kandungan air, freeze-drying memiliki dampak pada rasa dan kualitas ASI.

Risiko penggunaan ASI bubuk

Dijelaskan oleh IDAI secara ringkas, sejumlah risiko penggunaan ASI bubuk antara lain:

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah