Rekomendasi Aplikasi Payroll Indonesia Terbaik untuk Penggajian Karyawan

- 6 Mei 2024, 15:55 WIB
Ilustrasi Aplikasi payroll Indonesia
Ilustrasi Aplikasi payroll Indonesia /Pexels/ Tima Miroshnichenko/

BERITA DIY - Proses penggajian adalah salah satu pekerjaan dalam human resource yang amat menyita waktu, pikiran, dan tenaga. Tugas ini juga rawan sekali terjadi human error yang dampaknya bisa merugikan perusahaan dan juga karyawan.

Maka tidak heran jika saat ini banyak perusahaan yang mentransformasikan penggajiannya dengan aplikasi payroll untuk penggajian yang lebih baik. Di Indonesia sendiri, sudah banyak vendor yang menyediakan aplikasi payroll, lantas bagaimana memilih yang terbaik? Simak penjelasannya di sini!

Apa Itu Aplikasi atau Software Payroll?

Aplikasi payroll adalah aplikasi yang didesain khusus untuk membantu bisnis dan perusahaan dalam mengelola dan mengotomatisasikan proses penggajian karyawan. Sistem ini akan menghitung gaji, pajak karyawan, tunjangan, membuat dokumen pembayaran gaji, sampai membuat laporan terkait penggajian.

Umumnya, software payroll berbasis cloud dan memiliki sistem terintegrasi salah satunya terintegrasi dengan sistem absensi perusahaan. Melalui integrasi ini, perusahaan dapat meningkatkan cakupan sistem dengan mampu melacak waktu dan kehadiran karyawan.

Penggunaan aplikasi ini membantu bisnis mengelola penggajian dan meningkatkan efisiensi penggajian secara keseluruhan. Perusahaan pun bisa mengelola gaji dengan akurasi tinggi dan memastikan karyawan mendapatkan gajinya tepat waktu.

Waktu yang dihabiskan perusahaan untuk mengelola proses penggajian secara manual amatlah panjang. Ini belum termasuk memperbaiki human error yang kerap terjadi.

Aplikasi payroll hadir menjadi solusi yang menawarkan proses penyederhanaan dan mengurangi kesalahan yang kerap terjadi dalam penggajian manual. Semua proses penggajian akan dilakukan dengan otomatisasi, menghilangkan entri data manual, dan memungkinkan pembayaran gaji karyawan berlangsung lebih cepat.

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah