Cara Membuat NFT Secara Gratis, Bagaimana Cara Beli dan Menjual Non Fungible Token

- 27 Desember 2021, 13:10 WIB
ILUSTRASI - Simak apa itu NFT, lengkap dengan cara membuat, membeli, dan menjual non fungible token.
ILUSTRASI - Simak apa itu NFT, lengkap dengan cara membuat, membeli, dan menjual non fungible token. /Pixabay/Nickyandell/

BERITA DIY - Simak cara membuat NFT secara gratis serta bagaimana cara beli dan menjual istilah yang memiliki kepanjangan non fungible token tersebut.

NFT sendiri sedang ramai diperbincangkan, sebab non fungible token yang merupakan salah satu jenis aset digital digadang-gadang bakal menjanjikan di masa depan utamanya bagi seniman digital.

Sebelum mengetahui cara membuat, membeli, dan menjual non fungible token, apa itu NFT sebenarnya yang sedang naik daun?

Baca Juga: NFT Crypto Adalah Apa? Bagaimana Cara Membeli dan Perbedaan dengan Mata Uang Kripto Seperti Bitcoin

Menurut Forbes, NFT merupakan aset digital dalam bentuk seni, musik, item dalam game, hingga video. Karya-karya ini dijual secara online, dalam banyak kasus memakai mata uang kripto (cryptocurrency).

Selain itu, keistimewaan NFT memungkinkan pembeli memiliki barang asli yang terverifikasi. Terlebih, pembeli mendapat otentikasi bawaan sebagai bukti kepemilikan. Sebab kolektor cenderung menghargai hak si pembuat lebih dari barang itu sendiri.

Salah satu NFT yang terkenal ketika seorang seniman digital Mike Winklemann atau dikenal sebagai "Beeple" membuat kolase 5.000 gambar harian yang ia beri judul "EVERYDAYS: The First 5000 Days".

Baca Juga: Apa Itu NFT serta Bagaimana Cara Jual Agar Cuan? Ini Perngertian, Cara Beli, hingga Cara Jual NFT

Dia menjual karya tersebut di Christie's dan memecahkan rekor seharga $69,3 juta dollar Amerika Serikat atau setara dengan Rp986 triliun (konversi Rp14.233,57).

Dengan kata lain, NFT disebut-sebut sebagai item seperti koleksi fisik namun dalam bentuk digital. Orang saat ini tak harus lagi membeli lagu dalam bentuk kaset fisik, namun bisa mendengarkan karya musik secara digital, begitupun dengan bentuk karya seni NFT lainnya.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x