Waspadai Penggunaannya! Jenis Aplikasi Ini Punya Tingkat Screen Time Tinggi Saat Digunakan

- 10 Desember 2020, 13:30 WIB
Ilustrasi bermain aplikasi game memiliki tingkan screen time tinggi.
Ilustrasi bermain aplikasi game memiliki tingkan screen time tinggi. /Pixabay/ITECHirfan

BERITA DIY - Screen Time adalah istilah yang menggambarkan durasi seseorang terpapar atau berhadapan dengan layar gawai, televisi,  atau komputer. Istilah ini sudah tidak asing bagi orang-orang milenial.

Screen time yang terlalu lama atau berlebihan dapat berbahaya bagi kesehatan penglihatan seseorang karena baik layar gawai, televisi, maupun komputer memaparkan sinar X, sinar Ultraviolet, hingga radiasi elektromagnetik frekuensi rendah.

Berbagai penelitian menyebutkan bahwa angka screen time yang tinggi dapat berakibat gangguan kesehatan, sebagai contoh yang sering terjadi pada anak atau remaja adalah mata lelah, pandangan kabur, dan mata kering.

Baca Juga: 9 Tips Mudah Agar Followers Instagram Bertambah Tanpa Harus Keluar Biaya

Baca Juga: Sebelum Kecolongan Data Penting, Ini Cara Mudah Hapus Akun Tiktok Secara Permanen

Penyebab screen time yang tinggi diantaranya adalah penggunaan aplikasi yang terlalu sering atau sekali menggunakannya memakan waktu yang lama, aplikasi-aplikasi yang menyebabkan tingginya intensitas screen time adalah aplikasi-aplikasi jenis berikut:

Aplikasi Sosial Media

Diakui banyak orang bahwa bermain sosial media atau sosmed saat ini merupakan kebutuhan setiap orang baik untuk tujuan profit, bergaul, hingga sekadar menghabiskan waktu luang atau mencari hiburan semata.

Oleh karenanya, bermain aplikasi sosial media mampu menyita banyak waktu atau intensitas screen time yang tinggi karena berhadapan dengan layar.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x