Apa Itu UEFA Europa Conference League yang Disebut sebagai Kompetisi Kasta Ketiga Eropa?

- 25 Mei 2021, 13:06 WIB
Apa Itu UEFA Europa Conference League yang Disebut sebagai Kompetisi Kasta Ketiga Eropa?
Apa Itu UEFA Europa Conference League yang Disebut sebagai Kompetisi Kasta Ketiga Eropa? /Twitter.com/@LastWordOnSpurs/Twitter @LastWordOnSpurs

BERITA DIY - Liga Konferensi Eropa (UEFA Europa Conference League) adalah kompetisi yang kelasnya di bawah Liga Champions dan Liga Europa atau dengan kata lain kompetisi kasta ketiga Eropa.

Meski di beberapa liga bisa memasukkan timnya melalui jalur juara piala domestik, kompetisi ini utamanya untuk tim-tim yang lolos via jalur liga domestik.

Selain tidak ada tim yang akan lolos otomatis ke babak grup, hanya satu tim dari setiap lima liga top Eropa yang akan masuk dalam kompetisi ini.

Baca Juga: Fakta-fakta Menarik Premier League Musim 2020: Tim Paling Banyak Kebobolan Sampai Top Skor Liga Inggris

Dalam ranking koefisien UEFA, negara-negara yang berada di peringkat 6-15 diperkenankan mengirim dua tim. Sementara itu, peringkat 16-50, akan mendapatkan jatah tiga tim.

Format kompetisi

Sebelum mencapai fase grup, akan ada tiga babak kualifikasi. Lima klub yang lolos yang berasal dari lima liga top Eropa, semuanya langsung ditempatkan di babak kualifikasi pamungkas.

Sebanyak 32 tim yang dibagi ke dalam delapan grup, dilibatkan oleh fase grup. Pada babak grup, setiap juara akan menembus fase knock-out. Sementara itu, di play-off dalam menghadapi tim-tim yang tereliminasi atau mengakhiri fase grup Liga Europa di posisi ketiga ditempati oleh delapan tim yang menempati runner-up.

Dari babak kualifikasi ini, tim-tim yang berhak lolos ke ajang ini semuanya terlebih dahulu akan memulai kompetisinya yang notabene akan dihelat pada 8 Juli hingga 26 Agustus 2021.

Halaman:

Editor: Adestu Arianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x