Contoh RPP Penerapan Disiplin Positif pada Satuan Sekolah Dasar Bisa untuk Referensi Bagi Guru 

- 28 Februari 2024, 11:30 WIB
Ilustrasi - Contoh RPP penerapan disiplin positif satuan sekolah dasar yang bisa menjadi referensi untuk guru.
Ilustrasi - Contoh RPP penerapan disiplin positif satuan sekolah dasar yang bisa menjadi referensi untuk guru. /Pixabay/Pexels

BERITA DIY - Berikut ini adalah informasi tentang contoh penerapan disiplin positif pada satuan sekolah dasar yang bisa menjadi referensi bagi guru. 

Bagi yang belum tahu, pendekatan disiplin positif yang dilakukan untuk para siswa ini merupakan metode mengajar yang memiliki fokus untuk menumbuhkan tanggung jawab dan kesadaran diri pada siswa.

Makna dari disiplin positif ini sendiri adalah proses pendisiplinan terhadap anak tanpa memberikan ancaman atau memberikan hukuman.

Dalam penerapan nilai disiplin positif ini harus didasari dengan kesepakatan antara guru dan siswa agar penanaman nilai ini bisa dilaksanakan dengan maksimal.

Baca Juga: LK 2.3 Rencana Aksi PPG Daljab 2023, Panduan Pembuatan Lembar Kerja, dan Contoh Isian RPP PDF

Pada nilai disiplin ini, memiliki makna yang merujuk pada praktik mengajar atau melatih siswa untuk mematuhi peraturan yang sudah dibuat dalam jangka waktu pendek dan jangka panjang.

Harapan dari penerapan nilai ini adalah guru bisa memantau pengendalian terhadap siswa yang dididiknya.

Biasanya, untuk mempermudah menerapkan nilai-nilai tersebut, guru perlu membuat Rancana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). 

Sebagaimana dijelaskan dalam Permendikbud No.22 Tahun 2016 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu kali pertemuan atau lebih.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x