Kunci Jawaban Matematika Kelas 5 SD Halaman 19 Beserta Cara: Soal MTK Kerjakan Perkalian Pecahan Berikut

- 19 Agustus 2023, 15:27 WIB
Ilustrasi - Kunci jawaban Matematika kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 halaman 19 beserta pembahasan cara, soal MTK kerjakan perkalian pecahan berikut.
Ilustrasi - Kunci jawaban Matematika kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 halaman 19 beserta pembahasan cara, soal MTK kerjakan perkalian pecahan berikut. /PEXELS/Katerina Holmes

BERITA DIY - Simak kunci jawaban Matematika kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 halaman 19 beserta pembahasan cara, soal MTK kerjakan perkalian pecahan berikut.

Secara tidak sadar, operasi hitung pecahan akan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, baik itu perkalian, pembagian, penjumlahan maupun pengurangan.

Soal Matematika kelas 5 SD/MI halaman 19 ini akan berkaitan dengan soal perkalian pecahan. Adik-adik dapat melihat pembahasan cara dan kunci jawaban soal MTK tersebut di sini.

Perlu diketahui jika soal diambil dari Buku Senang Belajar Matematika kelas 5 SD/MI berbasis Kurikulum 2013 dari Kemendikbud RI edisi revisi 2018.

Baca Juga: Kunci Jawaban Matematika Kelas 5 Halaman 15 16 Uji Kompetensi Pilihan Ganda dan Uraian, Ada Pembahasan Cara

Dalam pengerjaan soal pecahan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Ikuti tips-tips ini agar lebih mudah ketika mengerjakan soal operasi hitung pecahan.

Jika soal berbentuk pecahan campuran, maka ubahlah ke dalam bentuk pecahan biasa terlebih dahulu. Pada soal perkalian, adik-adik tidak perlu menyamakan penyebutnya.

Adik-adik dapat langsung mengalikan pembilang dengan pembilang dan penyebut dengan penyebut. Jika bagian pembilang dan penyebut dapat disederhanakan (dengan cara dibagi bilangan yang), sederhanakanlah.

Jika tidak ada pembilang dan penyebut yang dapat dibagi dengan bilangan yang sama, maka dapat langsung dikalikan. Setelah menemukan hasil akhir, boleh diubah ke bentuk pecahan campuran lagi.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x