Contoh Cara Membuat Peta Konsep Lengkap dengan Manfaat Mind Mapping dalam Pembelajaran

- 31 Juli 2023, 15:00 WIB
Contoh cara membuat peta konsep dan manfaat mind mapping dalam pembelajaran.
Contoh cara membuat peta konsep dan manfaat mind mapping dalam pembelajaran. /PIXABAY/ BiljaST/

BERITA DIY - Simak informasi contoh cara membuat peta konsep lengkap dengan manfaat mind mapping dalam berbagai pembelajaran di sekolah, berikut ini.

Pembelajaran di sekolah telah dimulai sejak bulan Juli yang lalu. Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau MPLS juga telah usai.

Kini para siswa melakukan pembelajaran seperti biasa. Berbagai kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran disajikan oleh guru mata pelajaran yang mengampu.

Tak jarang, guru akan memulai pembelajaran dengan meminta siswa membuat peta konsep atau mind mapping berkaitan dengan materi yang akan dipelajaran.

Baca Juga: Fenomena Supermoon 1 Agustus 2023 Jam Berapa? Dampak Sturgeon Bagi Bumi: Jadwal Bulan Purnama dan Cara Melihat

Peta konsep dan mind mapping ini meski terlihat sederhana, namun rupanya memiliki banyak manfaat dalam pembelajaran sehingga banyak digunakan oleh para guru dalam pembelajaran.

Penasaran dengan apa itu mind mapping, apa manfaatnya untuk pembelajaran dan bagaimana cara membuatnya, berikut penjelasan lengkapnya.

Apa Itu Mind Mapping atau Peta Konsep?

Dilansir dari jurnal Pendidikan Kimia UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dijelaskan bahwa peta konsep adalah suatu gambar, tersusun atas konsep-konsep yang saling berkiatan sebaai hasil dari pemetaan konsep.

Sementara pemetaan kosnep sendiri merupakan suatu proses yang melibatkan identifikasi konsep-konsep dari suatu materi pelajaran dan pengaturan konsep tersebut dalam suatu hirarki dari yang paling umum, kurang umum dan konsep-konsep yang spesifik.

Halaman:

Editor: Sani Charonni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x