Bacaan Doa Awal Tahun dan Akhir Tahun, Begini Hukum Baca Doa untuk Tahun Baru Masehi dalam Islam

- 31 Desember 2022, 16:30 WIB
Ilustrasi. Ini bacaan doa awal tahun dan doa akhir tahun serta hukum membacanya dalam Islam untuk Tahun Baru Masehi.
Ilustrasi. Ini bacaan doa awal tahun dan doa akhir tahun serta hukum membacanya dalam Islam untuk Tahun Baru Masehi. /PIXABAY/DeltaWorks

BERITA DIY - Berikut bacaan doa awal tahun dan akhir tahun. Simak pula hukum baca kedua doa tersebut untuk Tahun Baru Masehi sesuai ajaran Islam.

Saat ini banyak dicari bacaan doa awal tahun dan doa akhir tahun, apa hukum baca doa awal tahun dan akhir tahun untuk Tahun Baru Masehi dalam Islam, serta dalil baca doa awal tahun dan akhir tahun.

Hari ini, 31 Desember 2022 adalah akhir tahun 2022, di mana malam nanti pukul 00.00 WIB, tahun sudah berganti menjadi 2023.

Tentu kita semua tahu bahwa pergantian tahun 2022 ke 2023 merupakan pergantian tahun Masehi atau sesuai kalender gregorian.

Di dalam ajaran Islam, ada bacaan doa awal tahun dan doa akhir tahun yang bisa dibaca kala tahun berganti.

Baca Juga: 15 Ucapan Tahun Baru 2023 dan Malam Minggu Untuk Jomblo di Rumah yang Tidak Sedih, Singkat, Elegan, Padat

Sebenarnya, budaya pergantian tahun belum ada pada zaman Rasulullah SAW hidup. Hal itu lantaran penetapan Tahun Hijriyah saja baru ada pada masa khalifah Umar bin Khattab.

Maka dalil atau dasar membaca doa awal tahun dan akhir tahun tidak didasarkan pada hadits Nabi Muhamammad SAW atau perkataan Rasulullah SAW langsung.

Melainkan berdasarkan hadits yang diriwayatkan dari kegiatan yang kerap dilakukan oleh para Sahabat Nabi Muhammad SAW seusai baginda wafat.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x