Cara Membaca Jangka Sorong untuk Mengukur Diameter Dalam dan Luar: Skala Utama dan Nonius

- 3 Agustus 2022, 09:15 WIB
Ilustrasi - Cara membaca jangka sorong untuk mengukur diameter dalam dan luar, membaca skala utama dan nonius pada pengukuran panjang.
Ilustrasi - Cara membaca jangka sorong untuk mengukur diameter dalam dan luar, membaca skala utama dan nonius pada pengukuran panjang. /Tangkap layar Fisika 1 Untuk SMA/MA kelas X Nurachmandani, S. Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

BERITA DIY - Simak cara membaca jangka sorong untuk mengukur diameter dalam dan luar, membaca skala utama dan nonius pada pengukuran panjang.

Jangka sorong merupakan alat untuk mengukur besaran panjang, khususnya pada benda berbentuk lingkaran. Alat ukur ini dapat digunakan untuk mengukur panjang diameter dalam dan luar.

Ketahui cara membaca kangka sorong untuk mengukur diameter dalam dan luar, membaca skala utama dan nonius pada pengukuran panjang.

Dalam bidang ilmu Fisika, terdapat materi yang membahas mengenai pengukuran. Pengukuran digunakan untuk membandingkan sesuatu dengan sesuatu lain yang dianggap sebagai patokan yang disebut satuan.

Baca Juga: Rumus dan Cara Menghitung Hambatan Total Listrik untuk Rangkaian Seri, Paralel, dan Campuran

Pengukuran dapat dilakukan terhadap besaran panjang, berat, dan waktu. Salah satu cara untuk mengukur panjang dapat dilakukan dengan jangka sorong.

Pada alat jangka sorong ada beberapa bagian yang perlu diketahui, bagian tersebut meliputi rahang tetap, rahang geser sepasang rahang bagian atas, sepasang rahang bagian bawah, skala nonius, skala utama, baut pengunci, dan alat pengukur kedalaman.

Sepasang rahang yang terletak di bagian atas jangka sorong digunakan untuk mengukur diameter dalam benda. Kemudian sepasang rahang bagian bawah digunakan untuk mengukur diameter luar benda.

Baca Juga: Kunci Jawaban Metematika Kelas 9 Halaman 56 Nomor 6-10 Beserta Cara: Analisis Kesalahan, Jelaskan dan Perbaiki

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x