Rumus dan Cara Menghitung Hambatan Total Listrik untuk Rangkaian Seri, Paralel, dan Campuran

- 28 Juli 2022, 17:16 WIB
Ilustrasi - Rumus dan cara menghitung hambatan total listrik untuk rangkaian seri, paralel, dan campuran, lengkap dengan pembahasan contoh soal.
Ilustrasi - Rumus dan cara menghitung hambatan total listrik untuk rangkaian seri, paralel, dan campuran, lengkap dengan pembahasan contoh soal. /Tangkap layar Buku Siswa IPA Kelas 9 Semester 1 buku.kemdikbud.go.id

BERITA DIY - Simak rumus dan cara menghitung hambatan total listrik untuk rangkaian seri, paralel, dan campuran, lengkap dengan pembahasan contoh soal.

Listrik dapat mengalir melalui kawat penghantar. Kawat penghantar bisa terbuat dari bahan besi, tembaga, perak hingga emas. Setiap akan memiliki hambatan yang berbeda-beda.

Ketahui rumus dan cara menghitung hambatan total listrik pada berbagai rangkaian, baik seri, paralel, dan campuran, penjelasan akan disampaikan pada artikel ini.

Pejelasan yang akan disampaikan diambil dari Buku Siswa IPA Kelas 9 SMP atau MTs Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 dari Kemdikbud.

Baca Juga: Cara Menghitung Berat Badan Ideal pakai Kalkulator BMI dan Rumus Borca, Ada Perbedaan untuk Pria dan Wanita

Kehidupan manusia pasti tidak jauh dari listrik. Banyak sekali benda-benda di sekitar kita yang membutuhkan listrik, misalnya HP, TV, laptop, AC, kipas angin, magicom, dan lain sebagainya.

Semua alat-alat tersebut memiliki jaringan atau rangkaian listrik di dalamnya. Rangkaian tersebut biasanya akan menggunakan penghantar listrik yang terbuat dari tembaga.

Hambatan listrik dapat diartikan sebagai kemampuan untuk menghambat aliran listrik. Setiap bahan memiliki nilai hambatan jenis yang berbeda-beda.

Semakin kecil nilai hambatan jenis bahan maka bahan semakin baik dalam mengalirkan listrik, sebaliknya semakin besar nilai hambatan jenis makan aliran listrik akan semakin kecil.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x