Contoh Soal PAT Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 2, Ulasan Pilihan Ganda Tahun 2022 dan Kunci Jawaban

- 30 Mei 2022, 11:05 WIB
Ilustrasi - Contoh soal PAT bahasa Indonesia kelas 8 SMP semester 2, teks ulasan, pilihan ganda tahun 2022 dan kunci jawaban.
Ilustrasi - Contoh soal PAT bahasa Indonesia kelas 8 SMP semester 2, teks ulasan, pilihan ganda tahun 2022 dan kunci jawaban. /pexels.com/Karolina Grabowska

BERITA DIY - Berikut informasi contoh soal PAT bahasa Indonesia kelas 8 SMP semester 2, teks ulasan, pilihan ganda tahun 2022 dan kunci jawaban.

Contoh soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) bahasa Indonesia kelas 8 semester 2 ini bisa menjadi referensi untuk belajar para siswa.

Siswa tingkat SMP kelas 2 atau kelas 8 bisa menyikam soal-soal dibawah ini namun perlu diperhatikan untuk tetap membaca materi terlebih dahulu.

Baca Juga: Kunci jawaban dan pembahasan soal US Bahasa Indonesia SMP MTs Kelas 9 untuk Latihan Menjelang Ujian Sekolah

Selain menjadi referensi contoh soal PAT bahasa Indonesia kelas 8 semester 2 juga bisa menjadi bahan belajar bersama dengan teman-teman.

Jawaban dari contoh soal PAT bahasa Indonesia kelas 8 ini diambil dari narasumber alumnus FPBS Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang, Jawa Timur, Sunarti S.Pd, guru Bahasa Indonesia SMAN 1 Banjarnegara.

Berikut contoh soal PAT Bahasa Indonesia kelas 8 SMP MTs dengan kunci jawaban:

1.Cermati kutipan teks berikut!
Bumi adalah tempat tinggal kita. Namun, saat ini bumi kita terancam dengan menipisnya lubang-lubang ozon di atmosfer. Hal ini menyebabkan pemanasan global sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup manusia di bumi.
Salah satunya adalah mencairnya es di kutub yang dapat menutup semua daratan yang ada. Oleh karena itu, kita perlu menjaga bumi agar terhindar dari pemanasan global. Cara pertama untuk menanggulangi pemanasan, yaitu gunakanlah energi alternatif. Kemudian lestarikan hutan untuk mengatasi polusi udara.

Berdasarkan kutipan teks di atas, ajakan yang ingin disampaikan penulis kepada pembaca adalah….
A.Menjaga bumi dengan cara menggunakan energi alternatif dan melestarikan hutan.
B.Mengurangi mencairnya es kutub utara dengan cara menanggulangi pemanasan global.
C.Mencegah bencana alam dengan cara menggunakan energi alternatif dan melestarikan hutan.
D.Menanggulangi menipisnya ozon yang sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup di bumi.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x