Hasil Sidang Isbat Lebaran Idul Fitri 2022 Langsung dari Kemenag, Shalat Ied Dilaksanakan Tanggal Segini

- 1 Mei 2022, 19:13 WIB
Ini dia hasil sidang Isbat Lebaran Idul Fitri 2022 langsung dari Kemenag. Ternyata Shalat Ied bakal dilaksanakan tanggal segini.
Ini dia hasil sidang Isbat Lebaran Idul Fitri 2022 langsung dari Kemenag. Ternyata Shalat Ied bakal dilaksanakan tanggal segini. /ANTARA

BERITA DIY - Ini dia hasil sidang Isbat Lebaran Idul Fitri 2022 langsung dari Kemenag. Ternyata Shalat Ied bakal dilaksanakan tanggal segini.

Masyarakat Indonesia tentu sedang menunggu hasil keputusan sidang Isbat yang digelar oleh Kemenag untuk mengetahui kapan tibanya 1 Syawal 1443 H.

Hal itu lantaran di Indonesia ada dua versi penentuan tanggal dalam kalender hijriah, yakni versi rukyat dan versi hisab.

Baca Juga: Sholat Idul Fitri Berapa Kali Takbir? Begini Penjelasannya, Tersaji Pula Doa Setelah Sholat Ied

Untuk versi rukyat (melihat), pantauan terhadap hilal menjadi hal yang paling utama karena terlihatnya hilal menjadi pertanda masuknya 1 Syawal 1443 H.

Jika disaksikan dari siaran langsung atau live streaming YouTube Dirjen Bimas Islam Kemenag, maka Kemenag RI telah menyepakati tanggal 1 Syawal 1443 H.

 

Dengan begitu, hasil sidang Isbat untuk menentukan Lebaran Idul Fitri 1443 H menyepakati bahwa 1 Syawal 1443 H jatuh pada Senin, 2 Mei 2022.

Maka itu, umat Islam Indonesia, baik yang menggunakan versi rukyat maupun versi hisab, akan sama-sama melaksanakan Shalat Ied pada Senin, 2 Mei 2022.

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x