15 Simbol Flowchart: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contohnya Sesuai Standar ANSI

- 21 April 2022, 21:45 WIB
Ilustrasi simbol flowchart beserta pengertian, jenis, dan contohnya.
Ilustrasi simbol flowchart beserta pengertian, jenis, dan contohnya. /PEXELS/divinetechygirl

BERITA DIY - Simak 15 simbol flowchart lengkap pengertian, fungsi, jenis beserta contohnya untuk penggunaan dalam dokumen.

Siapa yang tak kenal flowchart? Pengertian flowchart dapat didefinisikan sebagai jenis diagram yang menggambarkan sebuah alur kerja atau proses.

Tak hanya sekadar diagram, flowchart memiliki fungsi dan jenis simbol tertentu agar dimengerti oleh orang yang membuat atau membacanya.

Baca Juga: Simbol Flowchart: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Contoh Sesuai Standar yang Berlaku

Lebih lanjut, flowchart diwakili oleh beragam bentuk yang disebut dengan simbol dan biasanya terdapat tulisan di dalamnya. Lalu adapula garis yang menjelaskan bagaimana proses berlangsung.

Oleh karena itu, flowchart sangat penting bagi murid, mahasiswa/i, akademisi, pebisnis, maupun orang yang bekerja dalam bidang tertentu dan tak asing dengan memaparkan sebuah proses.

Representasi diagram ini juga menggambarkan model solusi untuk masalah yang diberikan. Selain itu, flowchart memiliki fungsi menganalisis, merancang, mendokumentasikan hingga mengelola suatu proses di berbagai bidang.

Baca Juga: Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal US Bahasa Inggris Kelas 9 SMP MTs untuk Latihan Menjelang Ujian Sekolah

Sementara menurut Sterneckert (2003) ada empat jenis flowchart yang sering digunakan untuk kalangan manajer hingga pegawai, yaitu:

- Flowchart dokumen yang berfungsi menunjukkan alur atau proses sebuah dokumen.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x