Apa Itu Tumpek Landep? Tradisi Umat Agama Hindu yang Terus Lestari hingga Kini

- 9 April 2022, 20:15 WIB
Simak apa itu upacara Tumpek Landep? Ternyata, Tumpek Landep ialah tradisi agama Hindu yang terus lestari hingga kini.
Simak apa itu upacara Tumpek Landep? Ternyata, Tumpek Landep ialah tradisi agama Hindu yang terus lestari hingga kini. /Pixabay/Webandi

BERITA DIY - Simak apa itu upacara Tumpek Landep? Ternyata, Tumpek Landep ialah tradisi agama Hindu yang terus lestari hingga kini. Utamanya, Tumpek Landep dilakukan oleh umat Hindu Indonesia.

Mengutip laman resmi Pemerintah Kabupaten Buleleng, Bali, pada Sabtu, 9 April 2022, upacara Tumpek Landep merupakan hari raya pemujaan kepada Ida Bhatara Sang Hyang Siwa Pasupati sebagai dewanya taksu.

Dilihat dari segi bahasa, Tumpek Landep sendiri merupakan padanan dua kata bahasa sansakerta, yakni tumpek dan landep yang bermakna dekat dan tajam.

Baca Juga: Tingkatan Moksa dalam Ajaran Hindu dan Pengertiannya: Samipya, Sarupya, dan Salokya.

Sementara, secara filosofis upacara Tumpek Landep memiliki makna untuk menajamkan pikiran supaya bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk.

Adapun letak dilaksanakannya upacara Tumpek Landep sendiri berdekatan dengan Hari Raya Saraswati yang juga dirayakan oleh umat Hindu.

Hal itu karena Tumpek Landep masih merupakan rangkaian dari keseluruhan perayaan Hari Raya Saraswati yang dilaksanakan oleh para umat Hindu.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Nama Bayi Perempuan Bali Hindu Modern dan Artinya dalam Bahasa Indonesia

Umat Hindu percaya, upacara Tumpek Landep merupakan medium untuk mengasah pikiran (manah), budhi, dan citta. Semuanya itu dilakukan agar insting manusia bisa semakin tajam.

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x