Mengenal Upacara Melukat, Ritual Hindu yang Dijalani Ariel Tatum di Bali Untuk Tenangkan Jiwa

- 13 Desember 2021, 12:43 WIB
Ariel Tatum saat jalani upacara atau ritual Melukat di Bali/ Mengenal upacara Melukat, ritual atau upacara Hindu yang dijalani Ariel Tatum di Bali yang bertujuan untuk tenangkan jiwa dan pikiran./
Ariel Tatum saat jalani upacara atau ritual Melukat di Bali/ Mengenal upacara Melukat, ritual atau upacara Hindu yang dijalani Ariel Tatum di Bali yang bertujuan untuk tenangkan jiwa dan pikiran./ /Instagram.com/@arieltatum/

BERITA DIY - Mengenal upacara Melukat, ritual atau upacara Hindu yang dijalani Ariel Tatum di Bali.

Beberapa waktu lalu, Ariel Tatum mengunggah kegiatannya selama di Bali melalui akun instagram pribadinya.

Salah satu kegiatan yang dijalani Ariel dan dibagikannya di Instagram yakni upacara Melukat. Berkebaya putih, rambut yang disanggul, dan mengenakan bunga kamboja sebagai aksesoris, Ariel nampak hikmat menjalani upacara Melukat.

Namun, unggahan itu pun sempat memicu kegaduhan netizen. Banyak yang menduga Ariel Tatum berpindah memeluk agama Hindu karena mengikuti ritual tersebut.

Baca Juga: Profil dan Biodata Ariel Tatum, Unggah Foto Ritual di Bali yang Membuat Warganet Gaduh: Karier dan Instagram

Lalu apa itu upacara Melukat? Simak penjelasan dan sejarahnya.

Upacara Ritual Penyucian Diri Masyarakat Hindu

Merangkum dari berbagai sumber, Melukat dari bahasa Bali, sulukat, yaitu su yang berarti 'baik' dan lukat artinya 'penyucian'. Upacara Melukat dipimpin oleh seorang pemangku yang merupakan pemimpin upacara keagamaan Hindu.

Pelaksanaan upacara Melukat biasanya dilakukan pada saat bulan purnama, tilem, atau saat hari besar lainnya. Namun Melukat juga bisa dan sering dilakukan masyarakat Bali di hari biasa untuk melakukan meditasi.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x