Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 SD MI Pelajaran IPS Halaman 6, Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan

- 11 Februari 2022, 11:00 WIB
Ilustrasi - Kunci jawaban Tema 7 kelas 5 SD atau MI pelajaran IPS halaman 6, Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan pada Subtema 1 Buku Tematik Terpadu.
Ilustrasi - Kunci jawaban Tema 7 kelas 5 SD atau MI pelajaran IPS halaman 6, Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan pada Subtema 1 Buku Tematik Terpadu. /Unsplash/Green Chameleon
BERITA DIY - Simak kunci jawaban Tema 7 kelas 5 SD atau MI peajaran IPS halaman 6, Subtema 1 mengenai Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan.
 
Pembahasan berikut dapat digunakan untuk menjawab soal Ayo Berlatih pada halaman 6 buku Tema 7 kelas 5 SD atau MI. Buku Tema 7 kelas 5 SD atau MI yang digunakan adalah Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017.
 
Sebelum melihat jawaban, akan lebih baik jika adik-adik mencoba mengerjakan soal Ayo Berlatih secara mandiri atau dengan berdiskusi bersama teman. 
 
 
Jika adik-adik mengalami kesulitan, adik-adik juga dapat meminta bantuan kepada orang tua untuk lebih memahami soal ini.
 
Pembahasan berikut dapat digunakan sebagai referensi bagi orang tua untuk menjawab dan mengajarkan materi mengenai Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan kepada anak saat belajar di rumah.
 
Berikut soal dan kunci jawaban Buku Tematik kelas 5 SD dan MI Tema 7 halaman 6 Subtema 1, dikutip BERITA DIY dari alumnus Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jember, Arum Ariyani, S.Pd.
 
 
Soal dan Kunci Jawaban Ayo Berlatih Halaman 6
 
1. Siapa yang dimaksud dengan bangsa Barat?
 
Alternatif jawaban: Yang dimaksud dengan bangsa Barat adalah bangsa-bangsa yang berasal dari benua Eropa, misalnya bangsa Portugis, bangsa Spanyol, bangsa Inggris, dan bangsa Belanda.
 
2. Apa faktor yang melatarbelakangi bangsa Barat melakukan penjajahan di Indonesia?
 
Alternatif jawaban: Bangsa Barat melakukan penjajahan di Indonesia karena Indonesia merupakan negara kaya akan rempah-rempah yang memilki harga jual tinggi. 
Dengan menjajah Indonesia, bangsa Barat akan memperoleh banyak kekayaan. 
 
 
3. Kapan bangsa Barat mulai melakukan penjelajahan samudra? 
 
Alternatif jawaban: Bangsa Barat mulai melakukan penjelajahan samudra pada akhir abad XV atau abad 15. 
 
4. Di mana bangsa Barat pertama kali mendarat di Indonesia?
 
Alternatif jawaban: Bangsa Barat pertama kali mendarat di Malaka pada tahun 1511. Bangsa Barat yang pertama kali melakukan penjajahan di Indonesia adalah bangsa Portugis. 
 
5. Mengapa bangsa Barat melakukan penjelajahan samudra?
 
 
Alternatif jawaban: Bangsa Barat melakukan penjelajahan samudra karena memiliki beberapa alasan dan tujuan. Bangsa Barat menjelajah samudra karena mereka ingin mencari kekayaan, menyebarkan agama yang mereka anut, dan mencari kejayaan dengan memperluas daerah jajahan.
 
6. Bagaimana kondisi rakyat yang mengalami penjajahan?
 
Alternatif jawaban: Rakyat yang mengalami penjajahan mengalami berbagai penderitaan akibat dari penindasan yang dilakukan oleh para penjajah.
 
Jawaban di atas hanyalah alternatif jawaban. Adik-adik tidak perlu menuliskan jawaban 100% mirip dengan jawaban di atas, kalian bisa menuliskannya dengan bahasa sendiri.
 
 
Itulah alternatif jawaban tema 7 kelas 5 SD dan MI pelajaran IPS halaman 6 Subtema 1 tentang Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan. Semoga bisa membantu adik-adik dalam kegiatan belajar.***
 
Disclaimer:
1. Artikel materi ini merupakan pendamping bagi para orang tua untuk pembelajaran anaknya.
 
2. Jawaban bersifat terbuka, dimungkinkan bagi pada siswa dan orang tua untuk mengeksplorasi jawaban yang lebih baik.
 
3. Artikel ini tidak mutlak menjamin kebenaran jawaban.

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x