Daftar 10 Nama Tarian Tradisional Indonesia dan Asal Daerahnya, Mulai Tari Jawa hingga Saman

- 3 Desember 2021, 17:13 WIB
Ilustrasi tarian tradisional Indonesia.
Ilustrasi tarian tradisional Indonesia. /buku.kemendikbud.go.id

BERITA DIY - Simak daftar 10 nama tarian tradisional Indonesia dan asal daerahnya, mulai dari asal Jawa, tari Saman asal Aceh, hingga Papua.

Indonesia dikaruniai beragam sejarah dan budaya, tak terkecuali tarian tradisional. Bahkan banyak daerah bisa memiliki lebih dari satu tarian khas yang merepresentasikan makna tertentu.

Dari Sabang sampai Merauke memiliki keunikan tarian masing-masing. Tak hanya di Pulau Jawa, salah satu tarian yang terkenal adalah Saman berasal dari Suku Gayo di Aceh.

Baca Juga: Profil Raja Mangkunegaran Solo KGPAA Mangkunegara IX yang Meninggal Dunia: Hobi hingga Karya Seni Tari Ciptaan

Adapun setiap tarian memiliki tujuan dan arti macam-macam. Ada yang memang dikhususkan untuk ritual tertentu, acara penyambutan tamu, hanya untuk hiburan semata, dan sebagainya.

Pengetahuan tentang budaya Indonesia sudah sepantasnya diketahui dan dipahami oleh rakyatnya untuk menimbulkan kecintaan terhadap Tanah Air.

Berikut ini daftar 10 tarian tradisional Indonesia beserta asal daerahnya dari Sabang sampai Merauke.

Baca Juga: Macam-Macam Properti pada Kostum Tarian Jaipong, LENGKAP dengan Penjelasannya

1. Saman dari Aceh

Saman merupakan tari tradisional khas suku Gayo Aceh. Bentuk warisan leluhur ini biasanya ditampilkan saat merayakan peristiwa penting. Uniknya syair tarian juga menggunakan Bahasa Gayo.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x