Macam-Macam Properti pada Kostum Tarian Jaipong, LENGKAP dengan Penjelasannya

- 22 Februari 2021, 16:32 WIB
Ilustrasi Tari Jaipong. Properti tari pada Tari Jaipong
Ilustrasi Tari Jaipong. Properti tari pada Tari Jaipong /Instagram.com/@sanggarpuspawangi

BERITA DIY - Properti tari merupakan seperangkat alat yang digunakan untuk melengkapi pementasan dalam seni Tari. Tak terkecuali Tari Jaipong tarian daerah asal Jawa Barat juga memiliki properti tari yang wajib dikenakan ketika tampil.

Tari Jaipong sendiri dicipatkan di tahun 60-an oleh seniman asal Karawang bernama H. Suanda. Kemudian dipopulerkan setelah dimodifikasi oleh seniman Bandung bernama Gugum Gumbira.

Baca Juga: Krisis Air Bersih di NTT, Pangdam IX Udayana dan Shopee Indonesia Komitmen Berikan Solusi

Dua tokoh seniman tersebutlah yang memperkenalkan Tari Jaipong kepada seluruh masyarakat Sunda dan Jawa Barat hingga menjadi bagian dari identitas budaya.

Di setiap pertunjukan Tari Jaipong properti tari tidak boleh dilewatkan, ada empat properti tari dalam kesenian Tari Jaipong, yaitu Sampur, Apok, dan Sinjang, dan Hiasan Kepala Berikut penjelasannya:

Baca Juga: Daftar KIP Kuliah untuk D1, D2, D3, dan S1 Bisa Dapat Kuliah Gratis Plus Uang Saku Rp700 Ribu per Bulan

Sampur: Dalam bahasa Indonesia, sampur berarti selendang atau kain panjang. Sampur wajib digunakan oleh si penari Jaipong, baik diikatkan di pinggang atau digantungkan di leher. Hampir setiap gerakan Tari Jaipong melibatkan gestur dengan sampur.

Apok: Merupakan sebutan untuk baju atasan si penari Jaipong. Apok memiliki kancing dan dihiasi oleh bordiran berbentuk bunga dan daun di sudut-sudut pakaian, modelnya tidak jauh berbeda dengan baju kebaya tradisional. Apok biasa menggunakan warna terang seperti kuning, merah, atau biru muda.

Sinjang: Merupakan bawahan dari Apok. Sinjang ini berupa kain mirip celana yang diikatkan pada pinggang hingga kaki. Meskipun saat ini penari Jaipong banyak mengenakan Sinjang dengan beragam model dan kreasi.

Baca Juga: Bacaan Doa Bangun Tidur sebagai Ungkapan Rasa Syukur pada Allah SWT: Arab, Latin, dan Artinya

Halaman:

Editor: Adestu Arianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x