Pengertian Simpangan Baku Dalam Ilmu Statistika dan Interpretasi Citra Dalam Ilmu Geografi

- 27 Oktober 2021, 16:38 WIB
ILUSTRASI - Simak pengertian simpangan baku dalam ilmu matematika atau statistika dan pengertian interpretasi citra dalam ilmu geografi.
ILUSTRASI - Simak pengertian simpangan baku dalam ilmu matematika atau statistika dan pengertian interpretasi citra dalam ilmu geografi. /PEXELS/max-fischer

BERITA DIY - Simak pengertian simpangan baku dalam ilmu statistika dan pengertian interpretasi citra dalam ilmu geografi. Kedua istilah tersebut kerap kali muncul dalam kegiatan belajar-mengajar di jenjang SMA maupun Perguruan Tinggi.

Bagi siswa/i SMA yang mempelajari matematika atau mahasiswa/i jurusan statistika, matematika, atau yang sedang melakukan penelitian, tentunya tak asing dengan apa yang dimaksud dengan simpangan baku.

Sementara, bagi pelajar di bangku SMA jurusan IPS dan mahasiswa/i jurusan geografi juga familiar dengan istilah interpretasi citra dalam penginderaan jauh. Bagaimana pengertian keduanya? Berikut disampaikan di artikel ini.

Baca Juga: Arti Lambang Pancasila Sila LENGKAP dari Sila ke-1 sampai 5 dan Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari

Istilah simpangan baku (standard deviation) diperkenalkan oleh Karl Pearson melalui tulisannya dalam buku "On the Dissection of Asymmetrical Frequency Curves" tahun 1894.

Dikutip dari p2k.itbu.ac.id, simpangan baku atau yang sering disebut dengan standar deviasi adalah ukuran bagaimana nilai-nilai tersebar. Ada pendapat yang menyatakan sebagai rata-rata jarak penyimpangan titik-titik data diukur dari nilai rata-rata data tersebut.

Simpangan baku sering dikaitkan dengan akar kuadrat varians dan merupakan bilangan tak-negatif serta mempunyai satuan yang sama dengan data.

Baca Juga: Apa Itu Cuaca Ekstrem? Simak Penyebab dan Tanda-tandanya, Beserta Cara Cek Cuaca dan Iklim Terkini di BMKG

Contoh yang paling sederhana, apabila suatu data diukur dalam satuan kilometer, maka simpangan baku juga harus dalam satuan kilometer.

Terdapat dua macam simpangan baku, yaitu simpangan baku populasi yang dilambangkan dengan σ (sigma), dan simpangan baku sampel yang disimbolkan dengan s.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x