Daftar Tokoh yang masuk dalam Organisasi BPUPKI dan PPKI Jelang Kemerdekaan RI 1945

- 7 Oktober 2021, 16:42 WIB
Ir. Soekarno termasuk dalam daftar tokoh nasional yang masuk dalam sejarah organisasi BPUPKI dan PPKI. Dua organ yang punya andil dalam kemerdekaan Republik Indonesia (RI).
Ir. Soekarno termasuk dalam daftar tokoh nasional yang masuk dalam sejarah organisasi BPUPKI dan PPKI. Dua organ yang punya andil dalam kemerdekaan Republik Indonesia (RI). /Tangkap layar Instagram/@thebigbung

BERITA DIY - Berikut daftar tokoh nasional yang masuk dalam sejarah organisasi BPUPKI dan PPKI. Dua organ yang punya andil dalam kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPKI) dan PPKI adalah dua organisasi yang berbeda.

Susunan organisasi BPUPKI terdiri dari seorang ketua, dua orang wakil ketua, dan 60 orang anggota. Kemudian ditambah 7 orang Jepang yang bertugas sebagai pengawas.

Baca Juga: 20 Link Twibbon Hari Guru Sedunia Beserta Sejarah dan Tema Peringatan Tanggal 5 Oktober 2021

Diketahui, Ketua BPUPKI adalah Dr. Kanjeng Raden Tumenggung (K.R.T.) Radjiman Wedyodiningrat.

Wakil ketua BPUPKI adalah Ichibangase Yosio (orang Jepang) dan Raden Pandji Soeroso. Sekretaris atau Badan Tata Usaha adalah Abdoel Gafar Pringgodigdo dan Masuda Toyohiko (orang Jepang).

Lantas, setelah menyelesaikan tugasnya, pada tanggal 7 Agustus 1945 BPUPKI resmi dibubarkan. Sebagai gantinya PPKI pun resmi terbentuk pada tanggal yang sama.

Baca Juga: Mengenal Amalan Rebo Wekasan, Tradisi yang Dilakukan dalam Bulan Safar: Sejarah dan Cara Melaksanakan

Kemudian pada 9 Agustus 1945 Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta, dan dr. Radjiman Wedyodiningrat menemui Panglima Tertinggi Mandala Selatan, Jenderal Terauchi di Dalat Saigon (Vietnam Selatan).

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x