Jadwal Cair Subsidi Kuota Internet Gratis Kemendikbud Juli, Diperpanjang hingga Desember 2021

- 21 Juli 2021, 05:00 WIB
Bantuan kuota gratis dari Kemendikbud sudah dikirimkan melalui nomor HP masing-masing siswa dan guru.
Bantuan kuota gratis dari Kemendikbud sudah dikirimkan melalui nomor HP masing-masing siswa dan guru. /TRENGGALEKPEDIA.COM/Muhammad Arifudin

BERITA DIY - Pemerintah resmi memperpanjang pemberian subsidi kuota internet gratis hingga Desember 2021. Sebagaimana diketahui, bantuan kuota internet gratis menjadi salah satu bantuan yang pula ditunggu-tunggu masyarakakat terlebih siswa, guru, mahasiswa dan dosen.

Hal ini disampaikan langsung oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani dalam konferensi pers yang digelar secara daring di YouTube Sekretariat Presiden pada Sabtu, 17 Juli 2021. Adapun nantinya mekanisme penyalurannya  berada di bawah tanggung jawab Kemendikbud.

Sebelumnya, pada semester I tahun 2021, subsidi kuota internet gratis ini dibagikan oleh Kemdikbud kepada para pelajar dan pengajar sebesar 7 GB hingga 15 GB kepada setiap penerima dalam jangka tiga bulan sejak bulan Maret hingga Mei.

Baca Juga: Hari Ini Terakhir! Ini Cara Dapat Bantuan Kuota Internet Gratis Telkomsel hingga Indosat Kemdikbud Mei 2021

Subsidi kuota internet gratis ini diberikan guna menunjang proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama kebijakan daring diberlakukan akibat pandemi Covid-19.

Kuota internet gratis 7 GB hingga 15 GB dari Kemdikbud untuk siswa, guru, mahasiswa dan dosen ini hanya bisa diakses seluruh penerima yang nomor HP nya telah terdaftar di Dapodik dan PD Dikti Kemendikbud.

Tidak tanggung-tanggung, pemerintah telah menggelontorkan dana APBN Rp8,53 triliun untuk subsidi kuota internet gratis selama tahun 2021.

Baca Juga: Cara Cek PIP Kemendikbud 2021 Cair dengan NISN SD SMP SMA, Penerima Bantuan Login di pip.kemdikbud.go.id

"Kami alokasikan (tambahan anggaran) Rp5,54 triliun untuk cover sampai Desember, sehingga totalnya menjadi Rp8,53 triliun," terang Menkeu Sri Mulyani dalam konferensi pers Evaluasi Pelaksanaan PPKM Darurat, Sabtu 17 Juli 2021. 

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta

Sumber: YouTube Sekertariat Presiden


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x