Sejarah Singkat Ditetapkannya Tanggal 10 November Sebagai Hari Pahlawan Nasional

- 10 November 2020, 17:17 WIB
Ilustrasi Logo Hari Pahlawan 2020: Inilah Pantun untuk Peringati Hari Pahlawan yang jatuh pada Selasa, 10 November 2020.
Ilustrasi Logo Hari Pahlawan 2020: Inilah Pantun untuk Peringati Hari Pahlawan yang jatuh pada Selasa, 10 November 2020. /komsos.go.id

BERITA DIY - Setiap tanggal 10 November 2020 diperingati sebagai Hari Pahlawan Nasional. Namun banyak masyarakat yang belum mengetahui sejarah dibalik ditetapkannya tanggal ini sebagai hari besar nasional.

Hari Pahlawan menjadi hari yang bersejarah bagi rakyat Indonesia dalam mengenang jasa dan perjuangan para pahlawan.

Lantas mengapa Hari Pahlawan selalu diperingati setiap tanggal 10 November? Berikut sejarang singkatnya.

Sebagaimana dilansir dari Pedoman Pelaksanaan Hari Pahlawan Nasional 2020 yang diterbitkan Kementerian Sosial, pada tanggal 10 November 1945 terjadi pertempuran di Surabaya yang merupakan pertempuran besar antara pihak tentara Indonesia dan pasukan Inggris.

Baca Juga: So Sweet Joko Tahan Lapar Demi Wulan, Berikut Sinopsis Dari Jendela SMP Hari Ini di SCTV

Pertempuran ini adalah perang pertama pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan satu pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia yang menjadi simbol nasional atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme.

Setelah gencatan senjata antara pihak Indonesia dan pihak tentara Inggris ditandatangani tanggal 29 Oktober 1945, keadaan berangsur-angsur mereda.

Walaupun begitu tetap saja terjadi bentrokan-bentrokan bersenjata antara rakyat  dan tentara Inggris di Surabaya.

Bentrokan-bentrokan tersebut memuncak dengan  terbunuhnya Brigadir Jenderal Mallaby (Pimpinan Tentara Inggris untuk Jawa  Timur) pada 30 Oktober 1945.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x