Merekam Perjalanan Kurir JNE: Melayani Mimpi UMKM Menembus Bilik Kos-kosan

- 30 Juni 2024, 01:54 WIB
Pekerja JNE Gunungkidul sedang menyortir paket barang-barang sebelum dikirimkan ke pelanggan.
Pekerja JNE Gunungkidul sedang menyortir paket barang-barang sebelum dikirimkan ke pelanggan. /BERITA DIY/Arfrian Rahmanta

Ini adalah cerita tentang silang temu antara kurir jasa ekspedisi JNE dan pelaku UMKM yang memulai usaha dari bilik kos. Dua orang mahasiswa berhasil lulus kuliah dari perguruan tinggi negeri di Yogyakarta berkat pengiriman buku yang tepat waktu.

BERITA DIY - UNTUK SAMPAI ke Gudang JNE di Gambiran Kota Jogja tepat waktu, Danu Kurniawan memacu sepeda motor mulai pukul 06.30 WIB. Butuh waktu perjalanan sekitar 40 menit dari rumahnya di Kapanewon Patuk Gunungkidul. Itupun jika tidak macet. 

Pagi itu pada tahun 2015. Setelah absensi sidik jari, Danu bergegas menghantarkan barang ke para pelanggan di sekitar area kampus UIN, UNY, UGM, UPN, Amikom, dan UII Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Baru setelah itu, ia berbelok arah kemudi motornya ke utara, ke wilayah Condongcatur, Sleman.

Danu lantas mengingat, dua tahun sebelum WhatsApp Indonesia rilis fitur berbagi lokasi, misi menghantar barang ke kos mahasiswa menjadi tantangan bagi kurir seperti dirinya. Danu perlu menghafal betul nomor rumah dan blok perkampungan indekos di sekitar UIN, UNY dan UGM.

"Di tahun 2015 tanpa fitur shareloc WA, saya harus menghafal nomor rumah kos di perkampungan dekat kampus di Jogja," demikian jelas bapak satu anak tersebut.

Sembilan tahun berpengalaman sebagai kurir JNE, Danu fasih menunjukkan blok dan nomor kos di perkampungan Karangmalang, Bulaksumur, hingga Sapen Kota Jogja. Tak hanya itu, Ia juga masih ingat ekspresi para mahasiswa yang antusias menyambut paket barang datang dengan aman dan tepat waktu. Terutama bagi mereka yang membuka usaha mikro dari kos-kosan.

“Karangmalang A50 tahulah mas,” ucapnya menjawab tantangan saya. 

“Dekat masjid Al Muttaqin dan pertigaan itu kan,” jelasnya.

“Kalo saya ingat lagi,” kata Danu sambil mengenang, “Saya bangga menjadi bagian kecil yang membantu mahasiswa yang punya usaha kecil-kecilan,” tuturnya saat ditemui pada Sabtu, 22 Juni 2024.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah