Kemunculan Bibit Siklon 96S, Ahli Ungkap Potensi Bahaya: Ini Daftar Wilayah yang Diprediksi akan Terdampak!

- 5 April 2024, 12:15 WIB
Kemunculan Bibit Siklon 96S, ahli mengungkap potensi bahaya. Simak di sini untuk wilayah yang terdampak.
Kemunculan Bibit Siklon 96S, ahli mengungkap potensi bahaya. Simak di sini untuk wilayah yang terdampak. /Tangkap layar bmkg.go.id

BERITA DIY - Berikut ini adalah informasi tentang munculnya bibit siklon 96S yang akan terjadi di Indonesia. Simak di sini untuk mengetahui potensi bahaya dan daftar wilayah yang diprediksi terdampak oleh BMKG. 

Baru-baru ini, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi kemunculan bibit siklon tropis baru 96S di sekitar Laut Sawu (10.20 LS 121.00 BT). Dimana disebutkan bahwa akan menyebabkan terjadinya cuaca ekstrim untuk beberapa hari ke depan. 

Melansir dari website resminya, dikatakan oleh Kepala BMKG, Dwikorita bahwa masyarakat untuk lebih berhati-hati dan waspada. 

Baca Juga: Info Gempa Jogja Terkini Hari Ini Magnitudo 5 Terasa di Wonogiri hingga Cilacap, BMKG Ungkap Pusat Gempa

Cuaca ekstrim yang akan terjadi ini dapat menimbulkan banyak kerugian nantinya. Bahkan dapat memicu terjadinya bencana hidrometeorologi. 

Sebagai tambahan informasi, bencana hidrometeorologi adalah bencana yang diakibatkan oleh aktivitas cuaca seperti siklus hidrologi, curah hujan, temperatur, angin dan kelembaban. 

Bentuk bencana hidrometeorologi berupa kekeringan, banjir, badai, kebakaran hutan, longsor, angin puyuh, gelombang dingin, hingga gelombang panas. 

Dikarenakan bertepatan dengan puncak arus mudik Lebaran 2024, BMKG mengimbau masyarakat khususnya yang melakukan perjalanan mudik untuk secara aktif melihat informasi dan kondisi cuaca terlebih dahulu. 

Baca Juga: Bibit Siklon Tropis 91S Itu Apa, Berbahaya atau Tidak, Apakah Pernah Terjadi di Indonesia? Ini Penjelasannya

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah