Apa Itu Siklon Tropis 94S 95S, Dampak Cuaca di Indonesia Menurut BMKG

- 31 Januari 2023, 14:50 WIB
Siklon tropis 94S dan 95S yang membawa dampak cuaca tak menentu, gelombang tinggi dan hujan lebat di Indonesia.
Siklon tropis 94S dan 95S yang membawa dampak cuaca tak menentu, gelombang tinggi dan hujan lebat di Indonesia. /Tangkap layar bpbd.purworejokab.go.id

BERITA DIY - Simak informasi tentang apa itu siklon tropis 94S - 95S dan dampak cuaca di Indonesia menurut BMKG. Lengkap prakiraan cuaca pada hari ini 31 Januari hingga 1 Februari 2023.

Siklon tropis baru-baru ini terpantau oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Terdapat dua siklon tropis, yakni sikon tropis 94S di Samudra Hindia Barat Daya Lampung dan siklon tropis 95S di Samudra Hindia selatan jawa.

Kedua siklon tropis ini membawa dampak bagi beberapa wilayah di Indonesia. Lantas, apa sebetulnya siklon tropis A4S dan siklon tropis 95S ini serta dampak cuaca di Indonesia menurut BMKG? Simak penjelasannya berikut ini.

Baca Juga: Penyebab Suhu Panas di Indonesia Akhir-akhir Ini, Simak Penjelasan BMKG: Bukan Fenoma Gelombang Panas

BMKG menjelaskan siklon tropis merupakan badan dengan kekuatan yang besar. Siklon tropis ini bisa mencapai rata-rata 150 hingga 200 radius yang terbentuk di atas lautan luas dengan suhu permukaan air laut hangat dan angin kencang yang berputar di dekat pusatnya mempunyai kecepatan angin lebih dari 63 km/jam.

Bibit siklon tropis 94S memiliki kecepatan angin 20 knot dan tekanan utara minimum sekitar 1.004,4 mb. Ia bergerak ke arah barat daya, menjauhi wilayah Indonesia.

Baca Juga: Kapan Musim Hujan Diperkirakan Terjadi di Indonesia? Ini Penjelasan BMKG

Diperkirakan, kondisi siklon tropis 94S akan berada dalam kategori rendah selama 24 jam ke depan (hingga 1 Februari 2023) yang berpotensi menciptakan awan hujan dan gelombang tinggi di sekitar wilayah sikon tropis.

Sementara siklon tropis 95S memiliki kecepatan angin maksimum 20 knot dengan tekanan udara minimum 1.007,1 mb.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x