Selain Lubang Buaya, Ini 3 Tempat Bersejarah yang Harus Diketahui Dalam Peristiwa G30S PKI

- 27 September 2020, 11:57 WIB
Pelataran Monumen Pancasila Sakti di lubang Buaya.
Pelataran Monumen Pancasila Sakti di lubang Buaya. /Antara/Aditya P Putra

BERITA DIY - Peristiwa G30S/PKI merupakan sejarah kelam yang dimiliki bangsa Indonesia dan sukar untuk dilupakan. Bagaimana tidak, dalam waktu kurang dari sehari, yakni pada malam 30 September hingga 1 Oktober 1965, bangsa Indonesia kehilangan para putra terbaiknya.

G30S/PKI yang menurut narasi dominan didalangi oleh Partai Komunis Indonesia (PKI) ini merenggut nyawa tujuh perwira militer Indonesia dan seorang gadis kecil putri Jenderal Abdul Haris Nasution.

Salah satu hal yang tidak dapat dilupakan adalah cara para pemberontak menghilangkan nyawa para jenderal, yakni dengan disiksa terlebih dahulu kemudian dibuang ke sebuah sumur di Lubang Buaya. Kini, tempat tersebut telah disulap menjadi museum dan menjadi tujuan wisata edukasi untuk mengenang para pahlawan revolusi.

Baca Juga: Apa Arti Pancasila Bagi Bangsa Indonesia dan Apa Fungsinya? Cari Tahu di Sini

Selain kawasan Lubang Buaya, terdapat beberapa lokasi yang terkait dengan peristiwa G30S/PKI. Berikut adalah daftar tempat bersejarah tersebut:

Museum Jenderal A.H Nasution

Museum Jenderal Besar Abdul Haris Nasution dulunya merupakan kediaman sang jenderal beserta keluarga. Beliau mulai tinggal di rumah yang terletak di Jalan Teuku Umar No 40, Menteng, Jakarta Pusat ini sejak menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) hingga wafat pada 2000.

Ini bukanlah rumah biasa. Tempat tersebut merupakan saksi bisu peristiwa G30S/PKI yang menargetkan para petinggi Angkatan Darat. Jenderal Nasution adalah salah satu sasarannya. Di sini, pengunjung dapat melihat barang-barang pribadi milik sang jenderal, seperti perabotan, pakaian, dan koleksi buku.

Baca Juga: Arti dan Makna Lambang Pancasila yang Menjadi Ideologi Dasar Indonesia

Di ruang makan, ada patung-patung yang memperlihatkan pasukan Tjakrabirawa mengarahkan senjata ke arah Ibu Nasution yang sedang mengggendong Ade Irma yang tertembak.

Halaman:

Editor: Resti Fitriyani

Sumber: Berita DIY


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x