Arti dan Makna Lambang Pancasila yang Menjadi Ideologi Dasar Indonesia

- 8 September 2020, 14:18 WIB
Garuda Pancasila.
Garuda Pancasila. /ANTARA/

BERITA DIY - Pancasila yang merupakan idelogi dasar negara Indonesia dilambangkan dengan burung Garuda. Lambang tersebut terdiri dari 17 bulu di masing-masing sayap, delapan bulu di ekor, 19 bulu di pangkal ekor, dan 45 bulu leher.

Jumlah bulu pada burung Garuda memiliki makna tersendiri. Jika disatukan, jumlah itu melambangkan 17-8-1945 atau 17 Agustus 1945 yang menjadi hari kemerdekaan bangsa Indonesia.

Selain itu, burung Garuda Pancasila juga memuat perisai di bagian dada. Perisai itu memiliki empat lambang yang memaknai lima sila Pancasila, yaitu kepala banteng, rantai, pohon beringin, padi dan kapas. Seperti jumlah bulu, lambang pada perisai itu juga memiliki artinya sendiri.

Baca Juga: Kapan Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 8 Dibuka ? Ini Kata Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja

Berikut adalah arti dari lambang Pancasila.

Bintang

Lambang bintang warna emas pada perisai berlatar hitam menggambarkan sila pertama, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa. Bintang diartikan sebagai cahaya kerohanian bagi setiap manusia. Bintang tersebut juga menyatakan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa religius dan bertakwa kepada Tuhan YME sesuai kepercayaan masing-masing.

Baca Juga: Penjelasan Lengkap Penyebab Happy Hypoxia, Gejala Baru Pada Pasien Covid-19

Rantai

Halaman:

Editor: Resti Fitriyani

Sumber: Berita DIY


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x