Inilah Prestasi Maruli Simanjuntak yang Tepat Pada Hari Ini Rabu, 29 November 2023 dilantik sebagai KSAD

- 29 November 2023, 07:50 WIB
Letnan Jenderal Maruli Simanjuntak yang dilantik pada hari ini, Rbu 29 November 2023 sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).
Letnan Jenderal Maruli Simanjuntak yang dilantik pada hari ini, Rbu 29 November 2023 sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). /Tangkap layar kostrad.mil.id

BERITA DIY - Tepat pada hari ini Rabu, 29 November 2023 Panglima Komando Cadangan Strategis TNI Angkatan Darat (Pengkostrad) Letjen Maruli Simanjuntak dilantik oleh Presiden Ir. Joko Widodo sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). Pelantikan ini bertempat di Istana Negara. 

Maruli Simanjuntak merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) pada tahun 1992. Pria berkelahiran Bandung, 27 Februari 1970 ini memulai karir di bidang TNI sebagian besar pada Pasukan Khusus TNI AD (Kopassus). Sudah terhitung 31 tahun perjalanan karir TNI Maruli. 

Maruli bukan hanya berpengalaman dalam bidang Infanteri Komando Pasukan Khusus (Kopassus) dan Detasemen Tempur Cakra saja, melainkan dirinya juga menorehkan tinta emas di dunia olahraga, khususnya olahraga judo.

Baca Juga: Jadi Media Daerah Paling Produktif di Indonesia, Pikiran-Rakyat.com Raih Penghargaan dari OJK

Pada tahun 1997, Maruli Simanjuntak menorehkan prestasi cabang olahraga judo sebagai Juara I pada Kejuaraan Judo Military Asean Philipina. Dirinya bertanding di kelas 71 kg yang diikuti 7 negara, kejuaraan tersebut bertempat di Padepokan Pencak Silat TMII Jakarta. Pada masa itu, Maruli Simanjuntak berpangkat Letnan Satu (Lettu). 

Dalam karir TNI pada tahun 2014, Maruli Simanjuntak pernah menjabat sebagai Komandan Grup A Paspampres. Pada tahun itu, adalah masa awal Jokowi menjabat sebagai Presiden RI. Ia menjabat di posisi tersebut selama 2 tahun, atau sampai pada tahun 2016. 

Pada tahun 2016, Maruli Simanjuntak pernah meraih prestasi yang dianugerahi gelar Danrem Terbaik dalam Upaya Khusus (Upsus) Ketahanan Pangan Nasional. Pada saat itu, dirinya berpangkat Kolonel, yang dipercaya untuk menduduki jabatan Danrem 074/Warastratama di Surakarta dari tahun 2016 hingga 2017. Pemberian gelar bergengsi tersebut, terlaksana pada 14 November 2016 yang bertempat di Sekolah Calon Perwira (Secapa), Bandung. 

Baca Juga: Usia 4 Tahun PRMN, Berita DIY: Gaungkan Potensi Kearifan Budaya Lokal dan Bersinar di Kancah Nasional

Pada tahun 2017, Maruli Simanjuntak kembali menjadi Paspampres, dimana dirinya menjadi wakil komandan. Lalu, pada bulan Oktober 2018 dirinya dirotasi untuk menjadi Kasdam IV/Diponegoro. 

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x