Airlangga Hartarto Disarankan Sering Blusukan ke Rakyat untuk Meningkatkan Elektabilitas dan Popularitas

- 22 Agustus 2022, 19:00 WIB
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto disarankan untuk lebih sering menemui rakyat atau blusukan untuk meningkatkan elektabilitasnya.
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto disarankan untuk lebih sering menemui rakyat atau blusukan untuk meningkatkan elektabilitasnya. /Instagram.com/@airlanggahartarto_official

BERITA DIY - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto disarankan untuk lebih sering menemui rakyat atau blusukan untuk meningkatkan elektabilitasnya sebagai calon presiden (capres)di Pemilu  2024.

Sebagaimana diketahui, Airlangga Hartarti merupakan salah satu tokoh kuat yang dugadang-gadang menjadi Capres 2024 dari Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

KIB sendiri merupakan gabungan dari kesepakatan Partai Golkar, PAN, dan PPP yang siap untuk bertarung di Pilpres 2024.

Sayangnya, langkah Airlangga untuk menjadi Capres 2024 mendapatkan sejumlah tantangan. Salah satunya elektabilitas dan popularitas yang belum maksimal.

“Jika kita bicara Airlangga, sebagai Ketua Umum tentu punya basis pemilih partai yang cukup besar. Dari pemilu sebelumnya kan sekitar 12%, namun demikian, hal itu belum cukup untuk menjamin elektabilitas Pak Airlangga menjadi kompetitif,” kata Direktur Riset SMRC Deni Irvani hari ini (22/8).

Baca Juga: Koalisi Indonesia Bersatu Buka Peluang jika Demokrat Ingin Bergabung, Demi Kepentingan Bangsa

Dalam survei yang digelar oleh SMRC, elektabilitas Airlangga disebut masih belum bersaing dengan kandidat lain. Padahal posisi Airlangga sangat strategis sebagai Ketua Umum Partai Golkar dan juga Menko Perekonomian.

Tren positif Airlangga yakni pada aspek kedikenalan yang mengalami peningkatan, dari 26% (Maret 2021) menjadi 38% (Agustus 2022). Dari yang tahu, hanya 61% yang suka. Kedisukaan Airlangga ini meningkat dari 48 persen pada Maret 2022.

Dengan aspek keterkenalan tokoh, Airlangga dalam hal ini, disebutkan masih dibawah 50% mesti didongkrak dengan komunikasi politik yang lebih intensif.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x