Tanggal Merah atau Hari Libur Bulan April: Sejarah Jumat Agung dan Tujuan Perayaan 15 April 2022

- 14 April 2022, 17:22 WIB
Ilustrasi sejarah dan tujuan peringatan Hari Jumat Agung yang ditetapkan sebagai tanggal merah atau hari libur Nasional bulan April 2022.
Ilustrasi sejarah dan tujuan peringatan Hari Jumat Agung yang ditetapkan sebagai tanggal merah atau hari libur Nasional bulan April 2022. /Pixabay/Geralt

BERITA DIY - Simak tanggal merah atau libur April beserta sejarah Jumat Agung atau Good Friday dan tujuan perayaan keagamaan yang jatuh pada 15 April 2022 tersebut.

Tanggal 15 April 2022 ditetapkan sebagai tanggal merah atau hari libur Nasional sebagai peringatan Jumat Agung. Berikut sejarah dan tujuan perayaan bagi umat Nasrani.

Dikutip dari Britannica, sejarah Jumat Agung atau hari Jumat sebelum Paskah berawal dari peringatan Penyaliban Yesus Kristus. Momen ini disebut dengan hari dukacita, penebusan dosa, dan puasa. Tahun ini, Jumat Agung jatuh pada tanggal 15 April 2022 dan ditetapkan sebagai tanggal merah Nasional di Indonesia.

Baca Juga: 2 Link Live Streaming Misa Online Kamis Putih di Gereja Katedral Jakarta Hari Ini 17.00 WIB dan 20.00 WIB

Asal-usul yang tepat dari Jumat Agung tidak diketahui dan memiliki banyak versi, tetapi perayaan tersebut berasal dari abad ke-4. Berpuasa dan membatasi diri untuk meratapi kematian Yesus adalah praktik terdahulu.

Ada beberapa teori yang mempercayai bahwa Jumat Agung sebagai simbol Yesus dan segala sesuatu yang dia perjuangkan melawan pelaku kejahatan. Banyak meyakini bahwa Yesus meninggal pada hari Jumat.

Kontroversi pun muncul pada Kekristenan awal tentang pertanyanyaan apakah dan kapan harus merayakan kematian dan Kebangkitan Yesus.

Baca Juga: Link Twibbon Peringatan Wafat Isa Al Masih atau Jumat Agung 15 April 2022, Cocok Diunggah di Media Sosial

Sampai abad ke-4, Perjamuan Terakhir Yesus, kematiannya, dan Kebangkitannya diamati dalam satu peringatan pada malam sebelum Paskah.

Usai pada abad tersebut, ketiga peristiwa itu diperingati secara terpisah, di mana Hari Paskah diperingati sebagai Hari Kebangkitan Yesus dan dianggap sebagai peristiwa penting.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x