Tanggal 9 Maret 2022 Hari Apa? Sejarah Hari Musik Nasional dan Link Download Twibbon Peringatan

- 8 Maret 2022, 16:37 WIB
Ilustrasi sejarah Hari Musik Nasional beserta link download Twibbon peringatan tanggal 9 Maret 2022.
Ilustrasi sejarah Hari Musik Nasional beserta link download Twibbon peringatan tanggal 9 Maret 2022. /Tangkapan layar Kemdikbud

BERITA DIY - Simak sejarah Hari Musik Nasional yang diperingati tanggal 9 Maret 2022 beserta link download Twibbon peringatan.

Hari Rabu, tanggal 9 Maret 2022 tercatat sebagai Hari Musik Nasional meskipun bukan merupakan tanggal merah atau hari libur nasional.

Peringatan Hari Musik Nasional 9 Maret 2022 tak terlepas dari sejarah sejak tahun 2013 di mana Indonesia masih dipimpin oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Baca Juga: Tanggal 8 Maret 2022 Hari Apa? Sejarah Hari Perempuan Internasional dan Tema Peringatan Tahun Ini

Dikutip dari laman Kemdikbud, penetapan Hari Musik Nasional berdasarkan pada tanggal lahir Wage Rudolf Supratman yang sedianya diduga lahir pada tanggal 9 Maret 1903.

Seperti diketahui bahwa W.R. Supratman merupakan komponis besar asal Indonesia yang juga menciptakan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Alhasil Presiden RI keenam mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 10 Tahun 2013 yang menandai lahirnya Hari Musik Nasional yang diperingati setiap tanggal 9 Maret.

Baca Juga: Google Doodle Hari Ini: Hari Perempuan Sedunia 8 Maret 2022, Ini Makna, Tema, dan 5 Tokoh Wanita Indonesia

Sebagaimana penjelasan dari Keppres, musik merupakan bagian dari ekspresi budaya yang bersifat universal dan multidimensional.

Musik juga sebagai alat representasi nilai-nilai luhur budaya dan kemausiaan. Tak hanya itu, karya memiliki peran penting terciptanya pembangunan nasional.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x