Tanggal 26 Februari 2022 Hari Apa? Sejarah Hari Dongeng dan Daftar Cerita Rakyat Indonesia

- 25 Februari 2022, 14:53 WIB
Ilustrasi sejarah Hari Dongeng yang diperingati tanggal 26 Februari 2022 beserta daftar cerita rakyat asal Indonesia.
Ilustrasi sejarah Hari Dongeng yang diperingati tanggal 26 Februari 2022 beserta daftar cerita rakyat asal Indonesia. /PIXABAY/jplenio

BERITA DIY - Simak sejarah Hari Dongeng yang diperingati tanggal 26 Februari 2022 beserta daftar cerita rakyat tradisional dan modern asal Indonesia hingga daerahnya.

Hari Sabtu tanggal 26 Februari 2022 diperingati sebagai Hari Dongeng Nasional yang diperingati di beberapa negara di dunia.

Meskipun Hari Dongeng Nasional tanggal 26 Februari 2022 tidak dirayakan di Tanah Air namun Indonesia memang memiliki banyak cerita rakyat yang terkenal. Adapun Hari Dongeng Nasional di Indonesia jatuh pada setiap 28 November.

Baca Juga: Tanggal 25 Februari 2022 Diperingati Hari Apa? Cek Peristiwa Sejarah, Penanggalan Jawa dan Kalender Islam

Dikutip dari situs Days of The Year, sejarah Hari Dongeng Nasional yang diperingati tanggal 26 Februari 2022 berawal dari istilah 'conte de fées' (bahasa Prancis) 'fairy tale' (bahasa Inggris) atau dalam bahasa Indonesia 'dongeng' yang diciptakan pada tahun 1967.

Pencipta istilah tersebut adalah Madame d'Aulnoy asal Prancis. Meski begitu cerita rakyat diduga telah ada sejak zaman perunggu atau lebih dari 6.000 tahun yang lalu.

Zaman dahulu dongeng atau cerita rakyat tidak diturunkan melalui tulisan melainkan pada umumnya diwarisi secara turun-menurun melalui tradisi lisan di mana setiap generasi menceritakan ke generasi berikutnya.

Baca Juga: Tanggal 24 Februari 2022 Diperingati Hari Apa? Simak Sejarah Hari Bartender Sedunia

Di berbagai wilayah dunia, dongeng dapat ditelusuri dengan ciri khas masing-masing tempat atau negara.

Misalnya, Vikram-Betaal di India, Fabel Aesop di Yunani Kuno hingga Arabian Nights yang terkenal di wilayah Timur Tengah.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim

Sumber: Days of The Year


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x