Rekor MURI: PRMN Jadi Media Daring Berjejaring Pertama di Indonesia yang Mengusung Konsep Ekonomi Kolaboratif

- 4 Desember 2021, 13:08 WIB
CEO Pikiran Rakyat Media Network (PRMN) Agus Sulistriyono (kiri) ketika menerima anugerah penghargaan Media Daring Berjejaring Pertama yang Mengusung Konsep Ekonomi Kolaboratif dari MURI.
CEO Pikiran Rakyat Media Network (PRMN) Agus Sulistriyono (kiri) ketika menerima anugerah penghargaan Media Daring Berjejaring Pertama yang Mengusung Konsep Ekonomi Kolaboratif dari MURI. /Pikiran Rakyat/ Dwi Cahya/

BERITA DIY - Pikiran Rakyat Media Network (PRMN) mendapatkan anugerah penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai "Media Daring Berjejaring Pertama yang Mengusung Konsep Ekonomi Kolaboratif".

Pencapaian luar biasa ini diraih oleh PRMN bertepatan dengan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-2 yang digelar di Kompleks Candi Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis 2 Desember 2021.

Anugerah rekor MURI yang diraih oleh PRMN tidak terlepas dari keberhasilannya yang mampu mencetak ribuan conten creator dan menggandeng ratusan portal media di seluruh Indonesia.

Baca Juga: 2 Tahun PRMN, Semangat Ekonomi Kolaboratif Menyikapi Kuatnya Arus Digitalisasi

Baca Juga: 2 Tahun PRMN, Semangat Gotong Royong Jadi Pembeda

"Ini luar biasa, dalam waktu 2 tahun sudah mampu mengumpulkan 4.000 lebih content creator di Indonesia. PRMN ini sakti sekali, sudah menguasai Indonesia," kata perwakilan Dewan Pers, Agus Sudibyo ketika memberikan sambutan di acara HUT PRMN ke-2 di kompleks Candi Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta, Kamis, 2 Desember 2021.

Agus Sudibyo juga memberikan apresiasi terhadap PRMN yang dalam kurun waktu 2 tahun mampu merangkul 210 portal media sebagai mitra Pikiran Rakyat Media Network.

Ia juga mengatakan bahwa PRMN menjadi contoh media berkelanjutan yang menjadi konsep baru insudtri bisnis media.

Baca Juga: 2 Tahun PRMN, Mediapreneur Jadi Pembuka Lowongan Kerja Baru

Baca Juga: Komitmen Lahirkan Jurnalis Berkualitas, PRMN Susun Modul Uji Kompetensi Wartawan Bersama Dewan Pers

Pada kesempata yang sama, Agus Sudibyo juga menuturkan bahwa para content creator yang ada di PRMN tetaplah bagian dari jurnalisme, bahkan ia mengatakan bahwa content creator adalah jurnalisme bentuk baru yakni jurnalisme kreatif.

"Ini adalah suatu hal yang belum ada, tapi saya melihat bahwa content creator itu sebenarnya jurnalisme, jurnalis dalam bentuk baru," ucapnya.

Agus Sudibyo berharap, keberhasilan PRMN membuat sistem bisnis media kolaborasi dapat mendukung kemandirian ekonomi masyarakat dan mampu menciptakan lapangan kerja baru.

"PRMN memahami bagaimana membangun ekonomi kreatif dengan berkolaborasi dengan platform media digital," ucapnya.

Baca Juga: 2 Tahun PRMN, Content Creator Jadi Pekerjaan Impian Masa Depan

Baca Juga: Forum Pimred PRMN Desak Pemerintah Penuhi Hak-hak Rakyat Selama PPKM Darurat dan Serukan Saling Peduli

Sementara itu, Sekjen Serikat Perusahaan Pers (SPS) Asmono Wikan berharap bahwa PRMN bersama seluruh orang yang terlibat di dalamnya mampu ikut mengabarkan kebaikan dan hal positif terutama dalam hal pemberitaan.

"Tetap lah menjaga good journalism, karena yang baik akan abadi dan yang buruk akan tersingkir oleh kebaikan-kebaikan," katanya.***

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x