Kontroversi dan Link Live Streaming Nonton Film Pengkhianatan G30S PKI, Serta Jadwal Tayang di TV Nasional

- 29 September 2021, 14:01 WIB
Simak kontoversi, link nonton streaming, dan jadwal tayang Penumpasan Pengkhianatan G30S PKI.
Simak kontoversi, link nonton streaming, dan jadwal tayang Penumpasan Pengkhianatan G30S PKI. /Dok. Film Indonesia

BERITA DIY - Ketahui kontoversi dari film Pengkhianatan G30S PKI lengkap dengan link live streaming untuk nonton beserta jadwal tayang di beberapa stasiun TV nasional.

Dalam memeringati peristiwa penting yang terjadi pada 30 September 1965 atau juga disebut dengan G30S terdapat salah satu fim yang terinspirasi dari tragedi berdarah yang terjadi di Indonesia tersebut.

Karya layar lebar atau film tersebut berjudul Penumpasan Pengkhianatan G30S PKI dan telah resmi dirilis pada tahun 1984 dan disutradarai oleh seorang pembuat film terkenal yaitu Arifin C Noer.

Baca Juga: Sosok DN Aidit, Ketua PKI yang Dikaitkan dengan Peristiwa G30S: Biodata, Karier Politik, dan Akhir Hidupnya

Bahkan dari beberapa sumber yang ditemukan menyatakan bahwa film Penumpasan Pengkhianatan G30S PKI tersebut merupakan karya yang disponsori oleh pemerintahan Orde Baru pimpinan Presiden Soeharto.

Tak tanggung-tanggung bahkan disebutkan anggaran yang digunakan dalam penggarapan film yang menyeritakan kisah sejarah penting Indonesia tersebut menghabiskan total dana mencapai jumlah Rp800 juta.

Usai resmi diluncurkan, kemudian film tersebut menjadi hal wajib yang harus ditonton atau disaksikan oleh segenap masyarakat Indonesia pada era Orde Baru. Tujuannya adalah agar masyarakat mengerti sejarah kelam yang pernah terjadi pada negara ini.

Baca Juga: Profil Gatot Nurmantyo Mantan Panglima TNI yang Sering Bahas Soal PKI Jelang G30 S PKI 30 September

Setelah berakhirnya era Orde Baru, film ini masih menjadi perbincangan dari banyak kalangan. Muncul banyak pendapat yang menyatakan pro maupun kontra yang menjadi kontroversi terhadap film yang memiliki durasi panjang ini.

Banyak pihak yang menganggap bahwa pemutaran film tersebut merupakan hal yang tidak perlu. Hal ini didasari dengan alasan bahwa karya film G30S tersebut disebut sebagai upaya propaganda untuk memusuhi suatu ideologi tertentu.

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x