Sosok DN Aidit, Ketua PKI yang Dikaitkan dengan Peristiwa G30S: Biodata, Karier Politik, dan Akhir Hidupnya

- 29 September 2021, 12:51 WIB
Profil dari sosok DN Aidit ketua PKI pada G30S, biodata, karier politik, dan akhir hidup.
Profil dari sosok DN Aidit ketua PKI pada G30S, biodata, karier politik, dan akhir hidup. /Dok. Arsip Nasional RI

BERITA DIY - Ketahui profil dari sosok DN Aidit yang sering disebut dalam peristiwa G30S lengkap dengan biodata, karier politik, dan akhir hidup yang dialaminya.

Salah satu peristiwa bersejarah yang dikenal di Indonesia adalah peristiwa Gerakan 30 September atau sering disebut G30S atau juga disebut dengan Gerakan Satu Oktober atau disebut dengan Gestok.

Peristiwa tersebut terjadi setelah adanya penculikan terhadap 7 orang anggota TNI Angkatan Darat. Bahkan jasad 7 orang yang kemudian diangkat menjadi pahlawan revolusi itu ditemukan di sebuah sumur di kawasan Lubang Buaya.

Baca Juga: 28 September 2021 Memperingati Hari Apa? Simak Sejarah Hari Kereta Api Nasional dan Link Twibbon Peringatan

Berdasarkan beberapa sumber yang berhasil dikumpulkan, pemerintah mengungkap bahwa dalang dari peristiwa berdarah tersebut adalah Partai Komunis Indonesia atau juga disebut dengan PKI.

Salah satu nama yang santer diperbincangkan menjadi tokoh penting adalah DN Aidit. Dirinya diketahui sebagai Ketua Comitte Central dari partai PKI pada saat meletusnya peristiwa bersejarah tersebut.

Namun tak banyak yang mengetahui siapa sebenarnya DN Aidit yang menjadi perbincangan dan erat kaitannya dengan peristiwa G30S tersebut. 

Baca Juga: Naik Kereta Api dan Pesawat Tanpa Aplikasi PeduliLindungi Mulai Oktober? Ini Penjelasan Kemenkes

DN Aidit memiliki nama lengkap yaitu Dipa Nusantara Aidit, ia merupakan seorang lelaki yang lahir di Tanjung Pandan, Bangka Belitung pada 30 Juli 1923. Dirinya diketahui merupakan anak dari pasangan Abdullah bin Ismail.

Sang ayah dari DN Aidit sendiri diketahui aktif dalam berbagai bidang seperti pengajaran agama Islam. Bahkan tak hanya itu, melalui salah satu sumber menyebutkan bahwa Abdullah merupakan tokoh gerakan pemuda di Bangka Belitung.

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x