Profil Sutradara Richard Oh, Pemeran Film Yowis Ben yang Meninggal Dunia, Ini Umur, Pendidikan dan Karya Film

- 8 April 2022, 07:05 WIB
Profil sutradara Richard Oh, pemeran film Yowis Ben yang meninggal dunia, dari umur, pendidikan dan karya film.
Profil sutradara Richard Oh, pemeran film Yowis Ben yang meninggal dunia, dari umur, pendidikan dan karya film. / Tangkap Layar Instagram.com/@filmyowisbenofficial
BERITA DIY- Berikut profil dan biodata Richard Oh. Sastrawan dan pemeran film Yowis Ben yang baru dikabarkan meninggal dunia. Simak dari umur, pendidikan, dan karya film. 
 
Richard Oh merupakan nama panggung dimana nama aslinya adalah Abdurrahman. Richard Oh lahir pada 30 Oktober 1959 di Kota Tangerang Selatan Banten.
 
Richard Oh dikabarkan meninggal dunia pada usia 62 tahun. Ia menghembuskan nafas terakhirnya yakni pada 7 April 2022 di Rumah Sakit Eka Hospital BSD.
 
Nama Richard Oh dikenal oleh publik sebagai salah seorang sastrawan terkemuka di Indonesia. Ia diketahui menerbitkan beberapa karya seperti novel dan beberapa hasil tulisan lainnya serta ikut aktif dalam dunia pemeranan film. 
 
 
Selain itu, Richard Oh merupakan salah satu tokoh yang memiliki dedikasi tinggi terhadap sastra khususnya di Indonesia. Hal tersebut dibuktikan melalui didirikannya ajang penghargaan Kusala Sastra Khatulistiwa.
 
Richard Oh sejak kecil memiliki ketertarikan di bidang sastra, hal tersebut dapat dilihat dari keikutsertaan Richard Oh dalam mengikuti kompetisi cerpen pada usia 17 tahun yang diselenggarakan oleh majalah Asia Week. 
 
Richard Oh merupakan sosok yang memiliki komitmen tinggi terhadap pendidikan. Hal tersebut dapat dilihat dari catatan Pendidikan yakni dari Universitas Wisconsin, Madison, dan UC Berkeley.
 
 
Richard juga pernah mendirikan beberapa perusahaan penerbitan buku. Beberapa perusahaan tersebut adalah Metafora, Jurnal Prosa dan Jakarta Review Book. 
 
Dalam dunia sastra, Richard beberapa kali menelurkan buah karyanya berupa novel. Novel tersebut di antaranya Pathfinders of Love pada tahun 1999, Heart of the Night pada tahun 2000 dan The Rainmaker's Daughter pada tahun 2004.
 
Selain novel, Richard juga merupakan tokoh penting di balik beberapa karya film. Hal tersebut melibatkan Richard baik sebagai penulis naskah maupun pemeran film. 
 
 
Selama menjadi seorang penulis dan pemeran film, Richard sudah terhitung lebih dari 20 kali terlibat dalam proses pembuatan film. Beberapa film yang ia bintangi bahkan populer salah satunya yakni film Yowis Ben di film pertama pada 2016, kedua pada 2018 dan yang terakhir Yowis Ben 3 pada 2021
 
Selain membintangi film Yowis Ben, Richard Oh juga pernah menjadi pemeran pada film populer lainnya. Richard Oh pernah beradu akting dengan aktor kawakan Reza Rahadian pada film My Stupid Bos pada tahun 2016.
 
Terkahir Richard Oh bergelut di bidang perfilman yakni pada film yang mengisahkan tokoh ulama Muslim Buya Hamka. Pada film tersebut Richard Oh dipercaya untuk menjadi penulis skenario dan menjadi pemeran film tersebut.
 
 
Demikian juga mengenai profil dan biodata sutradara Richard Oh. Pemeran film Yowis Ben yang meninggal dunia. Simak selengkapnya dari umur, pendidikan dan karya film.*** 

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x