Cara Daftar Pelatihan Kartu Prakerja, Login www.prakerja.go.id agar Insentif Segera Cair

- 16 November 2020, 16:10 WIB
Situs resmi prakerja di www.prakerja.go.id.
Situs resmi prakerja di www.prakerja.go.id. /Instagram @prakerja.go.id

BERITA DIY­-Pendaftar Kartu Prakerja yang dinyatakan lolos seleksi untuk setiap gelombangya, harus segera melakukan pendaftaran dan pembelian pelatihan melalui login di akun www.prakerja.go.id, agar insentif segera cair dan kepeserta tak diblokir atau dicabut.

Pendaftar Kartu Prakerja yang dinyatakan lolos atau tidak dapat cek melalui pemberitahuan yang disampaikan melalui SMS atau login akun di www.prakerja.go.id.

Apabila dinyatakan lolos, maka dashboard laman website Kartu Prakerja akan muncul nomor Kartu Prakerja dan status saldo. Namun jika dinyatakan tidak lolos akan mendapatkan notifikasi saat login di akun www.prakerja.go.id bahwa Tidak Lolos seleksi.

Baca Juga: Catat! Bantuan Subsidi Upah Termin 2 Sudah Cair, Begini Mekanisme Pencairannya

Selanjutnya peserta Kartu Prakerja yang lolos seleksi, harus segera membeli pelatihan. Batas waktu pembelian pelatihan adalah 30 hari setelah dinyatakan lolos seleksi Kartu Prakerja. Apabila dalam waktu 30 hari tidak segera membeli pelatihan, maka kepesertaan akan dicabut/diblokir dan insentif tidak dapat cair.

Berikut cara daftar pelathan Kartu Prakerja agar insentif segera cair dan kepesertaan tak diblokir:

  1. Login ke akun www.prakerja.go.id
  2. Cek dashboard Kartu Prakerja, dan pastikan dana pelatihan sudah masuk
  3. Bandingkan pelatihan di Bukalapak, Mau Belajar Apa, Pintaria, Pijar Mahir, Sisnaker, Sekolahmu, atau Tokopedia
  4. Pilih pelatihan yang sesuai dengan kebutuhanmu
  5. Beli pelatihan dan bayar dengan Nomor Kartu Prakerja
  6. Batas waktu pembelian pelatihan yaitu 30 hari sejak menerima SMS pengumuman diterima. Jika lewat dari waktu tersebut, maka kepesertaan akan dicabut/diblokir dan insentif gagal cair.

Baca Juga: Satgas Covid-19 Gagal Dibandingkan Taiwan, Dokter Tirta: Indonesia Ajur Mubur Bosku

Bantuan Kartu Prakerja ini tidak diberikan dalam bentuk Kartu Fisik, namun Nomor Kartu Prakerja untuk membeli pelatihan.

Untuk itulah, pendaftar yang dinyatakan lolos seleksi Kartu Prakerja agar menjaga kerahasiaan Nomor Kartu Prakerja milik masing-masing.

Peserta Kartu Prakerja hanya dapat mengikuti satu kali pelatihan, untuk itu penyelenggara Kartu Prakerja berharap peserta Kartu Prakerja memilih pelatihan dengan seksama.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin

Sumber: prakerja.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x