11.580 Formasi 2019 Masih Kosong, Kapan CPNS 2021 Dibuka? Ini Penjelasan Menpan RB

- 1 November 2020, 14:45 WIB
pengumuman CPNS 2019.
pengumuman CPNS 2019. /Tes CPNS/tangkapan layar Instagram BKN

BERITA DIY - Beberapa daerah tidak mendapat SDM sesuai dengan lowongan yang dibuka saat CPNS 2019 lalu. Sebab tak semua formasi terisi.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Tjahjo Kumolo meminta formasi CPNS yang diajukan Kementerian/ Lembaga dan Pemerintah Daerah sesuai dengan kebutuhan riil instansi masing-masing.

"Seringkali K/L, khususnya Pemda menyusun formasi atas dasar keinginan, bukan atas dasar kebutuhan nyata. Sehingga terjadi pegawai yang direkrut tidak dapat didayagunakan secara optimal," ujar Tjahjo seperti dikutip dari Antara, Minggu, 1 November 2020.

Baca Juga: NIK Tak Tercantum di eform.bri.co.id/bpum Masih Bisa Dapat BPUM UMKM! Begini Cara Daftar Bantuan

Itu sebabnya, lanjut Tjahjo, masih ada instansi pemerintah yang mengeluh karena formasi CPNS yang diajukan masih tak terisi setelah pelaksanaan rekrutmen CPNS, seperti pada rekrutmen CPNS 2019 yang berlangsung hingga Oktober 2020.

Namun, pemerintah sudah menetapkan kepada Kementerian/ Lembaga dan Pemda tersebut agar mengalihkan kebutuhan CPNS yang masih kosong tersebut kepada usulan formasi CPNS untuk rekrutmen tahun 2021 nanti.

Baca Juga: Buruan Klaim Token Listrik Gratis PLN November 2020! Begini Cara Dapat Lewat WA dan Link pln.co.id

"Namun demikian, pengalihan itu tetap memperhitungkan kebutuhan nyata dari instansi K/L, Pemda masing-masing," kata mantan Menteri Dalam Negeri di Kabinet Kerja periode 2014-2019 lalu itu.

Apalagi, dengan adanya adaptasi kebiasaan baru (new normal), Tjahjo berharap K/L dan Pemda bisa melihat kebutuhan pegawai dengan riil memakai pendekatan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK).

Halaman:

Editor: Resti Fitriyani

Sumber: BKN Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x