Bansos Uang Bantuan Rp 400 Ribu Cair ke BRI BNI Bulan Apa? Cara Cek Penerima BPNT Januari 2024

- 21 Januari 2024, 12:22 WIB
Klaim bansos uang bantuan pemerintah Rp 400 ribu program Kemensos. Dan cara cek bansos BLT BPNT 2024 pencairan Januari dan Februari.
Klaim bansos uang bantuan pemerintah Rp 400 ribu program Kemensos. Dan cara cek bansos BLT BPNT 2024 pencairan Januari dan Februari. /Tangkap layar Facebook.com/Info BPNT

BERITA DIY - Terdapat artikel yang berisi informasi mengenai uang bantuan sebesar Rp 400 ribu yang akan dicairkan pada bulan Januari-Februari 2024 ke rekening BRI dan BNI.

Uang bantuan tersebut merupakan bagian dari program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) 2024 yang dikelola oleh Kemensos dan masih akan disalurkan pada tahun 2024.

Masyarakat yang terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) akan menjadi penerima BPNT. Setiap bulannya, BPNT akan dicairkan sebesar Rp 200 ribu selama satu tahun penuh. Sehingga, KPM akan menerima total uang sebesar Rp 2,4 juta.

Pada tahap pertama, pencairan dilakukan pada bulan Januari-Februari sebesar Rp 400 ribu. Untuk dapat terdaftar sebagai KPM dan mendapatkan uang bantuan sebesar Rp 400 ribu dari program BPNT, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi. Berikut adalah syarat penerima BPNT:

Baca Juga: Cara Cek Bansos PKH Januari 2024: Panduan Terbaru Mendapatkan Bantuan Uang Pemerintah

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Termasuk dalam kategori keluarga miskin
  • Terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan Sistem Informasi Kemiskinan Nasional (SIK-ng).
  • Bukan Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau pensiunan PNS
  • Bukan Pendamping Sosial PKH
  • Bukan prajurit TNI
  • Bukan anggota Polri

Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang Bantuan Rp 400 Ribu BLT BPNT Januari 2024 Bansos Kemensos Pemerintah

Masyarakat yang memenuhi syarat dan telah mendaftar sebagai calon penerima BPNT dapat memeriksa status penerima BPNT melalui website cekbansos.kemensos.go.id dengan memasukkan nama dan alamat sesuai KTP.

Selanjutnya, uang bantuan sebesar Rp 400 ribu akan dicairkan pada bulan Januari-Februari ke rekening BRI dan BNI. Untuk mengecek apakah Anda merupakan penerima BPNT, dapat dilakukan melalui link cekbansos.kemensos.go.id.

Cara cek penerima BPNT di cekbansos.kemensos.go.id jika dinyatakan menerima bansos adalah ada status "YA", keterangan "Proses Bank Himbara/Kantor Pos", dan jadwal pencarian "Jan-Feb 2024".

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x