Cek NIK KTP Dapat Uang Bantuan Saldo Dana Rp400 Ribu dari Pemerintah via BRI BNI Program BLT BPNT 2024

- 10 Januari 2024, 13:44 WIB
Ilustrasi. Cara cek NIK KTP dapat uang bantuan saldo dana Rp400 ribu dari pemerintah ke rekening BRI BNI di program BLT BPNT 2024.
Ilustrasi. Cara cek NIK KTP dapat uang bantuan saldo dana Rp400 ribu dari pemerintah ke rekening BRI BNI di program BLT BPNT 2024. /Portal Purwokerto/Hening Prihatini

BERITA DIY - Berikut cara cek NIK KTP dapat uang bantuan saldo dana Rp400 ribu dari pemerintah ke rekening BRI BNI di program BLT BPNT 2024.

Salah satu bantuan sosial (bansos) yang akan tetap disalurkan pemerintah pada tahun 2024 ialah BLT BPNT.

BPNT singkatan dari Bantuan Pangan Non Tunai yang merupakan bantuan dari pemerintah berupa uang tunai sejak akhir tahun 2020.

Para penerima BLT BPNT akan mendapatkan uang bantuan Rp200 ribu per bulan selama setahun. Jadinya, jumlah nominal bantuannya mencapai Rp2,4 juta per tahun.

Baca Juga: Uang Bansos BPNT 2024 Rp 600 Ribu Tahap 1 Cair Bulan Apa? Cek Jumlah Nominal Penerima BLT Bantuan Pangan

Untuk pencairan BPNT di bank, tiap penerima bansos akan mendapatkan uang bantuan Rp400 ribu per dua bulan sekali, tidak ada tanggal pasti pencairannya.

Untuk mendapatkan BLT BPNT, masyarakat miskin perlu mendaftarkan NIK KTP dirinya ke dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) milik Kementerian Sosial (Kemensos).

Untuk mencantumkan NIK KTP diri ke DTKS, calon penerima BLT BPNT bisa daftarkan diri ke kantor kelurahan/desa dengan membawa KTP serta KK asli.

Nantinya, jika seleksi administratif lolos, calon penerima bansos 2024 Kemensos akan didatangi oleh petugas desa serta dinas sosial untuk melakukan survei lapangan.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x